KELAYAKAN PENGGUNAAN MEDIA BULETIN PADA MATERI TEORI ASAM BASA DI SEKOLAH SMAN 1 SIGLI

Zulfadli Zulfadli, Dian Novita Sari, Sri Winarni

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Kelayakan Penggunaan Media Buletin pada Materi Teori Asam Basa di Sekolah SMAN 1 Sigli” yang bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran buletin yang dapat digunakan sebagai media belajar pada materi teori asam basa, dan (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran buletin pada materi teori asam basa. Media buletin pada materi teori asam dan basa yang dihasilkan/dikembangkan melalui metode R&D menggunakan model pengembangan Four-D Model (4D) melalui beberapa tahap yaitu: tahap mendefinisikan (define), tahap merancang (design) dan tahap mengembangkan (develop). Hasil validasi buletin kimia materi teori asam-basa oleh validator dan guru masing-masing memiliki nilai kelayakan sebesar 97.11% dan 90,38% yang keduanya masuk dalam kategori “sangat layak”. Hal ini menunjukkan bahwa buletin yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.


References


Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatiff. jurnal Forum Paedagogik, 6(1), 72-89.

Arkadiantika, I., Wanda, R., Muhammad, A., dan Prita, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36.

Arywiantari, D., Gede, A., dan Dewa, K., T. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktik Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri Singaraja. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 1-12.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhari, A. dan Helda, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1-13.

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4), 104-117.

Habibati, Hasan, M., dan Nelva, R., F. (2019). Pengembangan Media Buletin Menggunakan Coreldraw X7 pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 23-33.

Hanum, L. Ade, I. dan Rauzatur, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA Di Banda Aceh. Jurnal IPA dan Pembelajara IPA. 1(1), 42-48.

Julianda, R., Rusman, dan Habibati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Buletin pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(1), 83-90.

Kurniawan, D. dan Sinta, V,. D. (2017). Pengembanggan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kulia Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214-219.

Majidah, Dian, H. dan M. Fadli. (2019). Penggunaan Warna dalam Desain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4(2), 95-106.

Rachmawati, I., Supriyono, S., dan Rintis, R., P. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32-44.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Retno, P. Saputro, S. dan Utami, B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 74-81.

Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa arab. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 20(1), 129-138.

Muhardini, S. Yuni, M. dan Khosiah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik SD Berbasis Buletin Board Display untuk Membentuk Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Elementary, 2(2), 49-53.

Trianto, T. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Imlementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.