Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pelajaran Kimia di Tiga SMAN Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2020/2021

Ainun Rinda Nursandy, Rusman Rusman, Zarlaida Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran daring pada pelajaran kimia tingkat SMAN di tiga sekolah kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru kimia yang mengajar kelas XI dan peserta didik kelas XI di SMAN yang berada di Kota Banda Aceh. Sampel penelitian adalah 5 orang guru kimia yang mengajar kelas XI dan 75 orang peserta didik kelas XI yang terdiri dari 2 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik kelas XI dari masing-masing SMA Negeri 3 Banda Aceh dan SMA Negeri 12 Banda Aceh, serta 1 orang guru kimia dan 15 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data berpedoman pada teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia secara daring dilakukan sesuai jadwal masing-masing sekolah. Aplikasi yang digunakan pada pembelajaran daring adalah WhatsApp, Microsoft Office 365, dan Zoom. Berdasarkan analisis angket kendala pelaksanaan pembelajaran daring yaitu peserta didik sulit memahami materi kimia secara daring (86%), jaringan internet kurang stabil (76%), terbatasnya kuota internet (68%), kurangnya waktu diskusi dengan guru (66%), tugas yang harus diselesaikan terlalu banyak (64%), kesulitan dalam menggunakan aplikasi (60%), materi yang diberikan guru tidak lengkap (59%), menghabiskan banyak waktu (59%), kesulitan dalam menggunakan aplikasi (57%). Kendala pembelajaran daring lainnya yaitu peserta didik kurang antusias mengikuti pembelajaran daring, guru sulit mengkoordinir peserta didik, dan guru sulit menilai peserta didik secara objektif. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran daring sudah berjalan dengan baik sesuai arahan dari kebijakan pemerintah meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, kendala, kimia, aplikasi


References


Ahmad, Negara, H. R. P., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79.

Amiruddin, B. (2020). Persepsi Tenaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan terhadap Program Belajar dari Rumah. Jurnal As-Salam, 4(1), 28–36.

Budhianto, B. (2020). Analisis Perkembangan dan Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (E-Learning ). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11–29.

Chaeruman, U. A. (2018). Pedati: Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Disertasi. Universitas Negeri Jakarta.

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektivitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146–158.

Farida, I., Sunarya, R. R., Aisyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Generasi Z. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati, 1–11.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 81–89.

Haqien, D., Rahman, A. A., & Sejarah, P. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SAP, 5(1).

Mailizar, Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers During the Covid-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–9.

Mu’ti, Y. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online dengan Microsoft Teams pada Pelajaran Matematika Materi Program Linier. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 347–358.

Napsawati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 96–102.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnega. Jurnal Elementary School, 7(2), 297–302.

Rusman, Amali, N., & Rahmayani, R. F. I. (2020). Does The Hybrid Learning Model Affect Student Outcomes in Thermochemistry ? Journal of Physics, 1460(1).

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Press.

Widiyono, A. (2020). Efektivitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. saodah, Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardinana, D. P. Y., Muttaqin, & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori & Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Zahara, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 269–281.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.