NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM TARIAN BINES DI KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES

Bahagia Bahagia, Saiful Saiful, Rizal Fahmi

Abstract


Penelitian ini tentang Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Latar belakang dari penelitian ini adalah Tarian Bines merupakan salah-satu bentuk kesenian yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Gayo Lues, hal ini disebabkan karena Tarian Bines adalah kesenian yang sangat merakyat dan tumbuh dalam budaya dan kehidupan masyarakat Gayo yang dimainkan oleh anak gadis. Tarian Bines ini juga mengandung mavkna-makna penting yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan di kalangan masyarakat Gayo Lues. Tujuan dari Penelitian (1) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter apa saja yang terkandung dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. (2) Untuk mengetahui penyampaian nilai-nilai karakter dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Metode yang digunakan dalam penelitian in adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dan subjek dalam penelitian berjumlah 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues ada, nilai religius, nilai nasionalisme, nilai integritas dan nilai gotong royong, (2) Penyampaian nilai-nilai karakter dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, melalui syair-syair dari Tarian Bines tersebut dengan menggunakan kata sindiran (senderen) dan kata-kata ibaratkan agar penonton menghayati dan saling instropeksi diri mereka masing-masing. Kesimpulan dalam penelitian ini: (1) adanya nilai-nilai karakter dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. (2) adanya penyampaian nilai-nilai karakter dalam Tarian Bines di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Saran untuk penelitian ini yaitu agar terus mempertahankan dan melestarikan Tarian Bines.


Full Text:

PDF

References


Aliasa, 2017. Saman, Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Melalui Pelestarian Kesenian.

Putri dan Safitri. 2018. "Implementasi Nilai-Nilai Karakter KECE (Komunikatif, Empatik, Cinta Damai, Energik) di Sekolah Dasar dalam Pemanfaatan Bonus Demografi". Jurnal: Semmar Nasional Pendidikan Banjarmesin, 13-23

Rohidi, 2019. Pendidikan Seni Isu Dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sriwilujeng, 2017. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta

Widodo, 2019. Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macana Sleman Yogyakarta. Jurnal Lentera Pendidikan.

Yulia. 2019 Model Pelestarian Ekspresi Budaya Tradisional Masyarakat Di Aceh (Indonesia) dan Malaysia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unimal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.