PENGARUH STATUS SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PPKN FKIP USK
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah status sosial orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa PPKn FKIP USK” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh status sosial orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa PPKn FKIP USK, Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian komparatif. Adapun alasan peneliti menggunakan metode komparatif dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan status sosial orang tua dan prestasi belajar mahasiswa yang ditinjau dari jenis status sosial orang tua dan IPK mahasiswa. Penelitian ini dilakukan FKIP prodi PPKn USK, dengan mengambil responden 69 mahasiswa dari angakatan 2019,2020,2021 dan 2022, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik persebaran angket/kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, Status sosial orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Uji statistik juga menunjukkan tidak ada perbedaan antara status sosial orang tuanya yang tinggi dengan status sosial orang tuanya yang rendah terhadap prestasi belajar mahasisa, dari olah data SPSS bahwa nilai sig = 0,66 > 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. artinya tidak terdapat pengaruh status sosial orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa PPKn yang berlatar belakang status sosial apapun ternyata memiliki indek prestasi kumulatif yang sangat membanggakan dikarenakan dari hasil penelitian terbukti bahwa IPK mahasiswa PPKn mendapatkan nilai IPK sangat tinggi dengan nilai rata-rata 3,56 dan tidak ada mahasiswa yang mendapatkan IPK dibawah 3,0.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar,Prestasi Belajar,Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi S1 Akuntansi Pada Siswa SMK Swasta di Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1– 16.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Asmara. (2009). Prestasi Belajar . Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Pratiwi, H., Samparadja, H., & Arapu, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Potensi Akademik Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 43-56
Surur, M., & Tartilla. (2019). Pengaruh Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi. org/10.31960/ ijolec.v1i2.96
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.