HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Nur Afifah, Muhammad Yunus, Maimun Maimun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Sikap Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Blangpidie, Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya sebanyak 54 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu hasil belajar PPKn dan angket sikap sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji t dengan tahapan korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh Koefisien Determinasi sebesar 20,1% dengan taraf signifikat a = 5% dan thitung= 3,617. Karena thitunglebih besar dari ttabel
atau (3,617 > 1,673)dengan demikian Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yangsignifikan antara prestasi belajar pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dengan sikapsosial siswa.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial.

Jakarta: Rineka Cipta.

Anisabellah. (2017). Pengaruh Sikap Sosial

Siswa Tehadap Prestasi Belajar

Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII

Di MTs Al-Maarif 01 Singosari

Malang. Malang: Jurusan

Pendidikan Ilmu Pengetahuan

Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan, Univesitas Islam Negeri

Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Astuti, Siswi Puji. (2015). Pengaruh

Kemampuan Awal dan Minat

Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Fisika. Jurnal Formatif.

Naim, Ngainun. (2018). Abdurrahman

Wahid: Universalisme Islam dan

Toleransi. Vol. 10, No. 2

Sasmita, Fajar Pintoko dkk. (2015). Jurnal.

Dampak Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegeraan terhadap

Keterampilan Sosial Siswa.

Universitas Muhammadiyah

Ponogoro, hal 1.

Sealy. (2015). Religious Education

Philosophical Perspective.

Yogyakarta: Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.