HUBUNGAN KEPEDULIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SMP N 4 TAKENGON

Dina Wati Musfirah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Takengon pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan penentuan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling sebanyak 59 responden penelitian. Untuk mengumpulkan data kepedulian orang tua dan prestasi belajar PKn siswa dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan 1) Uji Linieritas, 2) Uji Hubungan antara dua variabel, dan 3) Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, didapatkan hasil: 1) kepedulian orang tua dan prestasi belajar PKn siswa bersifat linier artinya semakin tinggi kepedulian orang tua akan semakin bagus pula prestasi belajar PKn yang dihasilkan anak, 2) kepedulian orang tua dan prestasi belajar PKn siswa berkorelasi sedang, dan 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepedulian orang tua dan prestasi belajar PKn siswa.


Full Text:

PDF

References


Masyitoh, Siti. 2019. Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didikdi SMP Muhammadiyah Gaya Baru I Lampung Tengah. Skripsi. Lampung: Universitas Islan Negeri Raden Intan Lampung

Musa, Muhammad dan Nurfitri, T. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: C.V. Fajar Agung.

Nurhayati dan safitri. 2018. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. JERR: Vol 1 No.2

Sabeuleleu, Adriana. 2016. Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Spock, Benjamin. (1982). Raising children in a difficult time (membina watak anak). Penerjemah: Wunan Jaya K. Liotohe MPE. Jakarta: Gunung Jati

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabetha

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suat Pendekatan Praktek. Jakarta:rineka Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas : 62)

Wira Bayu, Gede dkk. 2019. Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar PPKn. JIPP: Vol 3 No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.