PARTISIPASI POLITIK DAN BUDAYA POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEUCHIK DI DESA KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM

Nur Alinda, M. Nasir Basyah, Irwan Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang realita partisipasi politik yang terjadi pada masyarakat dalam pemilihan keuchik di Desa Kajhu kecamatan Baitussalam, (2) Mendeskripsikan tantangan masyarakat Desa Kajhu dalam partisipasi pemilihan keuchik, (3) Mendeskripsikan bagaimana budaya politik dalam pemilihan keuchik di Desa Kajhu kecamatan Baitussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Realita Partisipasi Politik Masyarakat Kajhu adalah sebagian besar dari masyarakat pernah ikut dan berpartisipasi dalam pemilihan keuchik, sedangkan sebagian kecil lainnya tidak melakukan pemilihan berdasarkan alasan tertentu seperti pekerjaan, berada diluar kota, dll. (2) Tantangan masyarakat Desa Kajhu dalam pemilihan keuchik antara lain: Pekerjaan, Lansia, Hari pemilihan yang bertepatan dengan hari kerja, kondisi fisik dan kesehatan, dan berada diluar kota. (3) Budaya politik masyarakat Desa Kajhu kecamatan Baitussalam dapat dikategorikan kedalam budaya politik campuran yang berarti gabungan karakteristik dari setiap tipe budaya politik yang masih murni. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar dari masyarakat Kajhu pernah ikut dalam pemilihan keuchik dan menggunakan hak pilih berdasarkan kesadaran sendiri, sebagian kecil lainnya melakukan pemilihan berdasarkan alasan seperti karna kekerabatan dan karena berbagai alasan. Tantangan masyarakat Desa Kajhu dalam pemilihan keuchik antara lain:  Pekerjaan, Lansia, Hari pemilihan yang bertepatan dengan hari kerja, kondisi fisik dan kesehatan, dan berada diluar kota. Sedangkan budaya politik masyarakat Kajhu yaitu budaya politik campuran. Saran diharapkan masyarakat Kajhu selalu aktif dalam kegiatan apapun yang diselenggarakan oleh Desa, khususnya selalu aktif dan ikut dalam pelaksanaan pemilihan keuchik.


Full Text:

PDF

References


Fahmi, Aziza Aulia. 2017. Perilaku Pemilih Perempuan Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pringsewu Tahun 2017 (Studi pada Kelurahan Pringsewu Selatan Kecamatan Pringsewu dan Desa Bulukarto Kecamatan Gading Rejo). [Skipsi]. Dandar Lampung : Universitas Lampung.

Fitriah, Elis Anisah. 2014. Prsonal Values dan Internal Political Efficacy Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Pemilih Pemula. Jurnal Ilmiah Psikologi.1(2)2014:248.

Kesuma, Tubagus Ali Rachman Puja. 2016. Pengaruh Pemahaman Siswa Tentang Konsep Budaya Politik Terhadap Karakteristik Aspirasi Pemilihan Pemula Di SMA Al-Kaustsar Kota Bandar Lampung. 2(3)2016:78

Munadi. Budaya Politik Masyarakat Samin (Sedulursikep) (Studi Kasus di Dukuh Mbombong Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah.

Maulana, Egis. 2019. Perilaku Politik Masyarakat dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran. Jurnal Moderat. 5(3):338-339.

Sumartono. 2018. Budaya Politik Dalam Masyarakat Pragmatis. Jurnal Lugas. 2(1):20-22.

Wardhani, Primandha Sukma Nur. 2018. Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam pemilihan Umum.Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 10(1):61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.