PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL REMAJA PENGHUNI YAYASAN ISLAM MEDIA KASIH KOTA BANDA ACEH

Siti Nisrima, Muhammad Nasir Yunus, Erna Nasir Hayati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh”. Yang melatar belakangi penulisan skripsi ini adalah karena adanya permasalahan perilaku sosial remaja yang kurang baik, seperti kurangnya rasa peduli sesama temannya, kurangnya rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, kurangnya rasa menghargai dan menghormati orang lain, dan kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan disekitanya. Dengan rumusan masalah sebagai berikut, bagaimanakah bentuk pembinaan perilaku sosial ramaja oleh pengurus Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi pihak pengurus Yayasan Islam Media Kasih dalam membina perilaku sosial remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah bentuk pembinaan perilaku sosial ramaja oleh pengurus Yayasan Islam Media Kasih terhadap Penghuni Yayasan Islam Media Kasih dan Untuk mengetahui Kendala-kendala apa saja yang dihadapi pihak pengurus Yayasan Islam Media Kasih dalam membina Perilaku sosial remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang pengasuh Yayasan Islam Media Kasih Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan perilaku sosial remaja di Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh adalah dilakukan dengan memberikan bimbingan,arahan dan menasehati, dengan memberi contoh yang baik dan positif seperti menjalin silahturahmi antar sesama, dan kendala-kendala yang dihadapi pihak pengurus dalam membina perilaku sosial remaja di Yayasan Islam Media Kasih adalah dari latar belakang keluarga remaja, keterbatasanya tenaga pengurus, kemudian kriteria remaja yang berbeda. Adapun saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pengasuh panti agar segera menambah tenaga pengasuh yang tinggal dipanti asuhan, guna melancarkan proses pembinaan perilaku sosial.

Full Text:

PDF

References


Ali, M &Asrori, M. 2012.Psikologi remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

-------------------- 2004 . Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara

Abu Ahmdi. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baron, R.A dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Bartal, 1976. Macam –Macam Pola Pembinaan Prilaku. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Cohen, Bruce, J. 1992. Sosiologi,Suatu Pengantar. Jakarta: Reneka Cipta

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Renika Cipta

Edwin M. Lemert. 1992. Psikologi kepribadian. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Erickson.1982. Psikologi Remaja, Jakarta: BPK Gunung Mulia

F.J.Monks, 2002. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

George, Ritzer. 2014. Teori-teori perkembangan sosial . Jakarta : Erlangga Hurlock, B. Elizabeth. 2004. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga,

Hall dan Lindzey. 2005. Problematika Remaja. Jakarta : Erlangga Ivancevich. 2008. Pembinaan prilaku dan sikap. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Krech et.al, 1962. Individual in Societ. Tokyo : McGraw-Hill Kogakasha.

Kwick, Robert. 1974. Pendidikan dan prilaku, Jakarta : Renika Cipta

Lawang, Robert M.Z.2008. Pengantar Sosiologi Dan Terjemahan. Jakarta : Pusat Perbukuan

Mangunharjono,A.M. 1997. Pembinaan Arti Dan Metodenya. Yogyakarta : Kanissius.

Mathis, 2002. Pembinaan dalam pembentukan prilaku. Jakarta: Gaung Persada

Malasari, Endah. 2007. Pola Pembinaan Budi Pekerti. Yogyakarta : Erlangga.

Max Weber. 2001. Teori-teori sosial. Surabaya : Usaha Nasional

Poerwodarminto, W.J.S, 1998. Kamus umum bahasa indonesia . Jakarta : Balai Pustaka

Pamuji. 1990. Pembinaan remaja. Jakarta : Rineka Cipta

Paul B. Horton dan Chester L. Hunt. 1996, Psikologi Sosial. Edisi Kedua.

Bandung : Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.