KENDALA-KENDALA YANG DI HADAPI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN NILAI PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMA NEGERI 2 SAMPOINIET ACEH JAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang di hadapi peserta didik dalam proses pembelajaran nilai pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah 10 orang siswa SMA Negeri 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Kendala yang dihadapi peserta didik dalam pembelajran nilai pada mata pelajaran PKn terdiri dari dua faktor yaitu, faktor dari dalam diri siswa (intern) dan dari luar diri siswa (intern). Faktor intern terbagi dua yaitu Fisiologis, seperti: rendahnya Kecakapan intelektual berfikir, sehat jasmani, kondisi kesehatan yang prima dan Psikologis seperti: Emosi, perasaan siswa akan belajar, minat belajar, sikap siswa dalam belajar. Yang termasuk dalam faktor ekstern antara lain, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. Pada faktor intern adalah siswa kurang suka dengan pelajran PKn, karena siswa menganggap pelajaran PKn itu tidak terlalu penting, materinya selalu itu, tidak ada yang berubah, belajar pelajaran PKn tersebut pun hanya mendengarkan ceramah dari guru. Faktor ekstern, kendala yang dialami siswa SMA Negeri 2 Sampoinit Aceh Jaya dalam pembelajaran PKn adalah dari faktor keluarga, tingkat penghasilan orang tua yang kurang, sehingga siswa tidak mampu membelikan buku dan alat peraga lainnya. Lingkungan sekolah, Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh SMA Negeri 2 Sampoinit Aceh Jaya khususnya pelajran PKn seperti buku dan alat peraga masih kurang. Disamping itu juga metode yang digunakan oleh guru PKn dalam mengajar cenderung satu metode yaitu metode ceramah sehingga membuat siswa bosan belajar.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstrukivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ardianto, Elviaro. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa rekatama media
Arifin, Zaenal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Emzir. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada Pusat.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
______________, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Herdiansyah, Haris, 2013. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. Jakarta: Rajawali Pers.
Moeleong, Lexy J. (2006), Metodologi Penenlitian Kualitatif, Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Print, Murray (2010), Curiculum Development and Design. Second Edition. Australia: Allen and Unwin.
Sanjaya, 2015. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Saryono.(2010). Metodelogi Penelitian kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Sudjana, Nana. 20013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2014) metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunarso, dkk. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (buku Pegangan Mahasiswa Paradigma Baru). Yogyakarta : UNY Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.