PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA BANDA ACEH

Ismanidar Ismanidar, Amirullah Amirullah, Saiful Usman

Abstract


Penelitian yang berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Pedagang Kaki Lima di Kota Banda Aceh” ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi mucul dan bertambahnya pedagang kaki lima serta persepsi masyarakat terhadap pedangang kaki lima di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi muncul dan bertambahnya pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh, dan (2) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian ini dilaksanakan adalah di Gampong Kampung Baru Kota Banda Aceh. Subjek penelitian adalah masyarakat setempat sebanyak 10 orang. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah: (1) Faktor utama pendorong muncul dan bertambahnya pedagang kaki lima khususnya di Kota Banda Aceh adalah masalah ekonomi, kualitas SDM dan urbanisasi. (2) Persepsi masyarakat terhadap pedagang kaki lima terbagi ke dalam dua jenis, yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif antara lain masyarakat merasakan manfaat dan sering berbelanja di pedagang kaki lima karena harga barang yang dijual lebih murah dengan kualitas yang sama seperti barang yang dijual di toko dan supermarket. Sedangkan persepsi negatif antara lain keberadaan pedagang kaki lima dapat mengganggu ketertiban dan kebersihan kota karena kondisi PKL yang sembraut dan tidak tertata dengan rapi, mereka juga sering membuang sampah sembarangan, serta dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan di jalan Kota Banda Aceh.

Full Text:

PDF

References


Agustinus. 2001. Pengantar llmu Ekonomi. Bandung: Alumni

Alwasilah, Cheader. 2009. Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitif. Jakarta: Pustaka Jaya

An-nat, B. 1993. Implementasi Kebiiakan Penanganan PKL: Studi Kasus di Yogyakarta dan DKI – Jakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia

Basrowi dan Suwadi. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Offset Damsar. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar llmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Luthans, Fred. 2005. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi

Manning, Chris dan Tadjuddin Noer Effendi. 1991. Urbanisasi, Pengangguran, dan Sektor Informal di Kota. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2006 Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 04 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 125 Tahun 2012 tentang Koordinasi Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima

Permadi, Gilang. 2007. Pedagang Kaki Lima: Riwayatmu Dulu, Nasibmu Kini.

Jakarta: Yudhistira

Robinsin. 1996. Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa

Saputra, Rholen Bayu. 2014. Profil Pedagang Kaki Lima (PKL) yang Berjualan di Badan Jalan. Riau: Universitas Riau

Setyawan, Dodiet Aditya. 2012. Konsep Dasar Masyarakat. Surakarta: Poltekkes Kemenkes Surakarta

Shadily, Hasan. 1990. Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Pembangunan S., Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Sudjana. 2005. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Suyanto, Bagong. 2008. Migran Dianggap Sebagai Beban daripada Potensi, (www.suarasurabaya.net, diakses tgl 12 Maret 2015)

Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Todaro dan Smith. 2006. Peranan Harga Pokok dalam Penentuan Harga Jual.

Jakarta: Rineka cipta

Walgito, Bimo. 1980. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Wibono, Andreas Tri, dkk. 2010. Kebijakan Penanganan Pedagang Kaki Lima

(PKL). Bandar Lampung: Universitas Lampung

Wikipedia Ensiklopedia Bebas. 2015. Pedagang Kaki Lima, (https://id.wikipedia.org, diakses 12 Maret 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.