PERSEPSI GURU PPKn SMP TERHADAP IMPLEMENTASI NILAI–NILAI DASAR PERDAMAIAN DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KABUPATEN ACEH SELATAN

Widia Safitri, Ruslan Ruslan, Sanusi Sanusi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Persepsi guru PPKn SMP terhadap implementasi nilai-nilai dasar perdamaian dalam pembelajaran PPKn di Kabupaten Aceh Selatan, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru PPKn SMP dalam mengimplementasikan nilai-nilai dasar perdamaian pada pembelajaran PPKn di Kabupaten Aceh Selatan, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis hambatan yang dihadapi guru PPKn SMP dalam mengimplementasikan nilai-nilai dasar perdamaian pada pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang guru PPKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru sudah mengimplementasikan nilai- nilai dasar perdamaian ke dalam pembelajaran dengan mengaitkan materi dengan ke kehidupan sehari-hari peserta didik dan menanamkan nilai tersebut dalam diri peserta didik agar dapat meminimalisir kekerasan dan konflik. (2) sebagian guru PPKn telah menyiapkan RPP, memodifikasi bahan ajar dan menggunakan model cooperative learning dan PBL. (3) kurangnya minat belajar sebagian peserta didik saat proses belajar belajar berlangsung dan terbatasnya sarana penunjang proses pembelajaran. Kesimpulannya adalah guru PPKn sudah mengimplementasikan dan melakukan upaya-upaya dalam menerapkan nilai-nilai dasar perdamaian dan dapat diikuti dengan cukup baik oleh peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Amsa, Saefudin. 2015. “Menjadi Pendidik Yang Berjiwa Damai,” (Online) (http://www.google.com/., diakses pada 21 Oktober 2020).

Ashton Carolyne , 2002. “Laporan Evaluasi Program Pendidikan Damai”. (Online) http://www.unicef.org// diakses 18 November 2020).

Arslan, Yaser, dkk. 2014. “The impact of peace education programme at university students’ intercertural sensitivity” (Online) (https://www.sciencedirect.com/diakses 24 Oktober 2020).

Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada Pusat.

Ghifarie, Ibn. 2010. “Wujudkan Pendidikan Perdamaian”, (Online), (http://www.google.com/., diakses pada 21 Oktober 2020).

Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Pengembangan Balitbang.

Khokhar, Neetu. 2017. “NEED OF PEACE EDUCATION IN TEACHER TRAINING

PROGRAMMES”, (Online) (https://doi.org/10,21922/srjis.v4i37.10828., diakses 24 Oktober 2020).

Linclon, Eric dan Irfan Amalee. 2017. 12 Nilai Dasar Perdamaian. Bandung: Pelangi Mizan Matnuh Harpani dan Rabiatul Adawiah, 2020. Persepsi Guru Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan Tentang Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

(Online), Vol. 10, No.1, (http://www.researchgate.net/., diakses pada 11 September 2020).

UNESCO’S. 2008. “Work on Education For Peace and Non-Violence”. (Online), (https://unesdoc.unesco.orf/ark:/., diakses 24 Oktober 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.