POLA PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB YPAC BANDA ACEH
Abstract
Pola Penanaman Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB YPAC Banda Aceh”. Pola merupakan model atau bentuk yang dipakai untuk sesuatu kegiatan tertentu untuk membantu tercapainya suatu tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pola pananaman karakter cinta tanah air pada anak berkebutuhan khusus (2) Kendala apa saja yang di hadapi guru dalam pola penanaman karakter pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (depth interview). Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 4 orang guru dan 1 orang Kepala Sekolah di SMPLB YPAC Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola penanaman karakter pada anak berkebutuhan khsusus di SMPLB YPAC Banda Aceh terdapat 4 pola penanaman yaitu: Pertama, penanaman nilai karakter cinta tanah air dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan kegiatan seperti upacara bendera. Kedua, melalui kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka. Ketiga, menggunakan media pembelajaran. Keempat, belajar dengan teman sejawat (peer tutoring). (2) Kendala yang di hadapi yaitu: daya tangkap peserta didik kurang, kurang memahami bahasa yang digunakan, serta kurangnya sarana dan prasarana. Saran dalam penelitian ini yaitu: kepada SMPLB YPAC Banda Aceh untuk lebih menunjang proses penanaman karakter peserta didik dengan menyediakan sarana dan prasarana agar memudahkan proses penanaman karakter. Kepada guru SMPLB YPAC Banda Aceh untuk lebih meningkatkan pendidikan karakter terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan
melakukan strategi baru dalam menumbuhkan karakter cinta tanah air terhadap
peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Anis Ibnatul M, dkk. 2013. Pendidikan Nasionalisme melalui Pembiasaan di SD
Negri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES
Atika, Surya. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius,Cinta Tanah Air,dan
Disiplin di SLB Al Ishlaah Padang. E-Jupekhu. 3 (3) 747-753.
Aqib Zainal. 2010. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada Pusat.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jakarta 2017. 2017. Menjadi orang tua
hebat. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Koesoman, Doni. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman
Global. Jakarta: Grasindo
Murtie, Afin 2014. Ensilokpedia Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta : Redaksi
Maxima.
Nurhayati,siti. 2016. Kesetaraan dimuka hukum bagi penyandang disabilitas (analisis
putusan nomor 28/pid.B/pn.skh/2013) realita 14 (1) 94-110.
Rakasiwi L. 2019. Pembinaan Karakter Disiplin dan Mandiri Terintegrasi Budaya Sekolah Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sd Al Firdaus Surakarta. Skirpsi
Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.
Sholeh,akhmad. 2015. Islam dan penyandang disabilitas telaah hak aksesibilitas penyandang disabilitas dalam sistem pendidikan di indonesia.palastren 8 (2) 293-317.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.