PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

Novri Arna, . Tarmizi, . Ngadimin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ARCS, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat penerapan model pembelajaran ARCS, untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran ARCS, untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu soal posttest, lembar aktivitas guru dan siswa, lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar respon siswa terhadap model pembelajaran ARCS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individual dengan persentase dari siklus I hingga siklus III yaitu 56,25%, 71,88%, dan 90,63% dan hasil belajar klasikal juga meningkat dengan persentase mulai dari siklus I hingga siklus III yaitu 40%, 50% dan 80% adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, kemudian terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang hingga menjadi sangat baik selain itu respon siswa juga membawa dampak positif dimana 90% siswa menyatakan senang terhadap penggunaan model pembelajaran ARCS  ini dalam pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkn hasil belajar siswa dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Alat-Alat Optik.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran (ARCS), Materi Alat-Alat Optik

 

Abstract

This study aims to determine the increase in student learning outcomes through the application of learning models ARCS, to determine the activities of teachers and students during the learning model application ARCS, to determine the ability of teachers in managing learning through the application of learning models ARCS, to determine the students' response to the learning process using a model ARCS learning. This type of research is the Classroom Action Research (PTK) and the approach used in this research is descriptive statistical approach. The subjects were students of class X MIA 4 SMA Negeri 1 Banda Aceh the school year 2015/2016, amounting to 32 students. Data collection instruments used in the study of matter posttest, teacher and student activity sheets, sheets teacher's ability to manage learning and student response sheet to the learning model ARCS. The results showed an increase in student learning outcomes individually with a percentage of the first cycle to cycle III, 56.25%, 71.88%, and 90.63% and the classical study also increased with the percentage ranging from the first cycle to cycle III, 40%, 50% and 80% an increase in activity of teachers and students during the learning process, then an increase in teacher's ability to manage learning from medium category up to be a very good addition to the response of the students also had a positive impact where 90% of students said he was happy to use the model ARCS learning is learning. From this study it can be concluded that the application of learning models can ARCS meningkatkn student learning outcomes and improve the ability of teachers to manage learning the material Optical Devices.

 

Keywords: learning model (ARCS), Material Optical Instruments.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.