PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA ATLET BINAAN DISPORA PROVINSI ACEH DENGAN SISWA NON ATLET PADA SMA NEGERI 9 TUNAS BANGSA BANDA ACEH

Nadia Juwita, Agus Wahyuni, Soewarno S

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengangkat masalah apakah berbeda hasil belajar siswa atlet dengan non atlet (reguler) pada mata pelajaran fisika pada kelas XI  sampai XI  di SMA 9 Tunas Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa atlet dengan siswa non atlet pada mata pelajaran fisika di SMA 9 Tunas Bangsa Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh yang berjumlah 108 siswa. Sampel 22  diambil dari teknik random sampling untuk siswa non atlet, dan sampel total untuk siswa atlet. Sehingga sampel penelitian ini 20 siswa atlet dan 20 siswa non atlet. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi yaitu hasil ujian fisika semester genap tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan analisis data diperoleh   yaitu 4,31 2,02 maka  ditolak dan  diterima. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa atlet dengan siswa non atlet (reguler) pada mata pelajaran fisika kelas XI ipa 1, XI ipa 2 dan XI ipa 3 SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh.

 

Kata kunci : Hasil belajar, atlet, non atlet

 

Abstract

The research raises the question of difference in student learning outcomes athletes with non-athletes (regular) in physics in class XI IPA, XI IPA3 in SMA 9 Tunas Bangsa. This study aims to determine differences in student learning outcomes athlete with non-athlete students in physics in high school 9 Tunas Bangsa Banda Aceh. The study population was all students in grade XI IPA at SMAN 9 Tunas Bangsa Banda Aceh totaling 108 students. 22% of samples taken from random sampling techniques to non-athlete students, and the total sample for student athletes. Thus, the samples of this study 20 student athletes and 20 non-athlete students. The approach used in this study is the quantitative approach. Data collected through the study documentation, that physics exam results the second semester of the school year 2015/2016. Based on data analysis >  as 4.31> 2.02 so rejected and accepted. So,there is a difference in student learning outcomes athlete with non-athlete students (regular) in physics class XI ipa 1, XI ipa 2 and XI ipa 3 SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh.

 

Keywords: The learning result, athletes, non-athletes.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.