PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AL-QUR’AN TERHADAP SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an terhadap sikap spiritual siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 122 siswa. Dari jumlah populasi tersebut maka sampel penelitian yang diambil siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an dan siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran tanpa berbasis Al-Quran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan penilaian diri. Pengolahan data lembar observasi dan penilaian diri sikap spiritual siswa menggunakan uji statistik berupa uji t yang telah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil analisis data yaitu nilai thitung= 10,46 sedangkan nilai ttabel=1,68 oleh karena itu berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak Ho jika thitung > ttabel, Karena thitung > ttabel maka tolak Ho. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an lebih baik daripada pembelajaran fisika tanpa berbasis Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap spiritual siswa, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-Qur’an terhadap sikap spiritual siswa kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh.
Kata kunci : Pembelajaran Fisika Berbasis Al-Qur’an, Sikap Spiritual
Abstract
The aims of this study is determine the effect of learning physics-based Al-Qur'an spiritual attitude towards students. The population in this study were students of class X of Mathematics and Science in SMA 2 Banda Aceh the school year 2015/2016 consists of 5 classes with totaling 122 students. The sample of this study is the class X MIPA 4 as an experimental class taught by physics-based learning the Qur'an and the class X MIPA 5 as the control class is taught based learning without the Qur’an. This type of research is experimental research with quantitative methods. The data collection is done by using observation and self-assessment sheet. Data processing observation sheet and spiritual attitude of self-assessment of students using statistical tests such as t test was first tested for normality and homogeneity. The results of data analysis that the value t = 10,46 while the value table = 1,68 therefore based on the criteria of testing hypotheses, reject Ho if thitung> ttable, Because thitung> ttable then reject Ho. Based on these results it can be concluded that learning physics-based Al-Qur'an better than learning-based physics without the Qur'an in improving the spiritual attitude of the students, it indicates that there is an influence of learning physics-based Al-Qur'an on attitudes spiritual class X SMAN 2 Banda Aceh.
Keywords: Learning Physics -based Al -Qur'an , Spiritual Attitude.
Full Text:
DOWNLOAD PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.