PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

Tengku Diah Zulismi Putri, Ahmad Hamid, . Yusrizal

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual dalam melakukan praktikum Fisika terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis yang terdiri dari tes awal (pre-tes) dan tes akhir (post-tes). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2015/2016 terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 138 orang. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 68 siswa yang terdiri dari kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui wawancara dengan guru fisika di SMAN 1 Banda Aceh. Pengolahan data pada tes awal (pre-tes) maupun pada tes akhir (post-tes) menggunakan uji statistik yaitu uji t. Kelas XI MIA 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional dan kelas XI MIA 1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran melakukan praktikum fisika dengan menggunakan laboratorium virtual. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual dalam melakukan praktikum fisika terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Banda Aceh pada materi teori kinetik gas.

 

Kata kunci : pengaruh, praktikum fisika, laboratorium virtual, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of virtual laboratories in doing practical work on learning outcomes Physics class XI student of SMAN 1 Banda Aceh. This type of research is experimental research with quantitative methods. The data collection was done by using a written test consisting of the pre-test and post-test. The study population was a class XI MIA student of SMAN 1 in Banda Aceh school year 2015/2016 consists of 4 classes with 138 students enrolled. Of the total population sample was determined by 68 students consisting of class XI MIA 1 and XI MIA 2. Determination of the samples was done by purposive sampling through interviews with physics teacher at SMAN 1 Banda Aceh. Processing data on pre-test and post-test using statistical tests that the t test. Class XI MIA 2 is set as the control class given conventional learning and class XI MIA 1 was established as an experimental class given doing practical physics lesson by using a virtual laboratory. The results of data analysis showed that there is the influence of the use of virtual laboratories in doing practical physics the learning outcomes of students of class XI SMAN 1 Banda Aceh on the material the kinetic theory of gases.

 

Keywords: effect, physics lab, virtual laboratory, learning outcomes


Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.