PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM

Agus Dhita Pratiwi, . Yusrizal, . Elisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi gerak kelas VII SMP Negeri I Baitussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis yang terdiri dari tes awal (pre-tes) dan tes akhir (post-tes). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri I Baitussalam tahun pelajaran 2015/2016 terdiri dari 3 kelas. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 48 siswa yang terdiri dari kelas VII- b dan VII-c. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui observasi dengan guru fisika di SMP Negeri 1 Baitussalam. Pengolahan data pada tes awal (pre-tes) maupun pada tes akhir (post-tes) menggunakan uji statistik yaitu uji t. Kelas VII- b ditetapkan sebagai kelas eksperimen  yang diberikan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan kelas VII- c ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran menggunakan strategi konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam.

 

Kata kunci : strategi pembelajaran PQ4R, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of instructional strategies PQ4R (preview, question, read, reflect, Recite, review) to the learning outcomes of students in the material motion physics class VII SMP Negeri I Baitussalam. This type of research is experimental research with quantitative methods. The data collection was done by using a written test consisting of the initial test (pre-test) and final test (post-test). The study population was in the seventh grade students of SMP Negeri I Baitussalam 2015/2016 academic year consists of three classes. Of the total population sample was determined by 48 students consisting of classes VII- b and VII-c. Determination of the samples was done by purposive sampling by observation with a physics teacher at SMP Negeri 1 Baitussalam. Processing data on initial test (pre-test) and at the final test (post-test) using statistical tests that the t test. Class VII- b designated as an experimental class given learning using learning strategies PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) and class VII- c defined as the control class given learning using conventional strategy. The results of data analysis showed that there PQ4R Influence of Learning Strategies (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Against Student Results In Motion Creative Class VII SMP Negeri 1 Baitussalam.

 

Keywords: strategies PQ4R, learning outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.