PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII1 DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR

Lita Amalia, Abdul Hamid, Agus Wahyuni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penerapan model sains teknologi masyarakat dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Darussalam Aceh Besar tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap kegiatan PBM dengan menerapkan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Hasil analisis data siswa menunjukkan penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Darussalam dari siklus I sampai siklus III baik secara individual yaitu 71%, 80% dan 90% maupun klasikal yaitu 71,42%, 80,95% dan 90,47%; aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, pada siklus I dengan kategori baik, siklus II dengan kategori baik dan siklus III dengan kategori sangat baik; keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I dengan kategori baik, siklus II dengan kategori baik dan siklus III dengan kategori sangat baik; respon siswa menunjukkan sikap positif menerima dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembalajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar pada materi cahaya kelas VIII1 di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar.

 

Kata kunci : Sains Teknologi Masyarakat dan Hasil Belajar

 

Abstract

This study aims to determine student learning, teacher and student activities, teachers 'skills in managing learning, and students' response to the application of the model science society technology in the learning process. Researcher using action research methods class at class VIII-1 SMPN 1 Darussalam Aceh Besar academic year 2015/2016. Data collected through tests, observation sheet activities of teachers and students, the skills of teachers in managing learning, and students' response to PBM activities by applying the model of science learning technology community. The results of analysis of student data demonstrating the application of science learning model community technology can improve student learning outcomes VIII-1 SMPN 1 Darussalam from the first cycle to the third cycle, both individually at 71%, 80% and 90% and classical that is 71.42%, 80 , 95% and 90.47%; the activities of teachers and students has increased each cycle, the first cycle in both categories, the second cycle in both categories and the third cycle with very good categories; teachers' skills in managing the learning has increased from the first cycle to the good category, the second cycle in both categories and the third cycle with very good categories; student responses indicate a positive attitude receive well. It can be concluded that the application of the model pembalajaran STM can improve learning outcomes in light material VIII1 class in SMPN 1 Darussalam Aceh Besar.

 

Keywords: science community technology and learning outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.