NALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPTIKGEOMETRI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa fisika FKIP Unsyiah berdasarkan indikator berpikir kritis dalam menyelesaikan soal optik geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2016 sebanyak 57 mahasiswa dengan 40 mahasiswa sebagai sampel responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang terdiri dari 5 soal essay yang telah tervalidasi untuk digunakan sebagai instrumen tes berpikir kritis. Data yang didapatkan dirata-ratakan per indikator kemudian dipersentasekan untuk di kategorikan menggunakan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata nilai yang didapatkan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan optik geometri untuk tiap kemampuan berpikir kritis adalah 43% pada kemampuan memberikan penjelasan sederhana, 33% pada kemampuan membangun ketermpilan dasar, 25% pada kemampuan menyimpulkan, 33% pada kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut, dan13% pada kemampuan menyusun strategi dan taktik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa berdasarkan tiap indikator pada mahasiswa pendidikan fisika FKIP Unsyiah masih rendah.
Keywords
Analisis berpikir kritis, berpikir kritis, optik geometri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.