FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 TAKENGON

Amalia Nuranda, Yusrizal, Soewarno

Abstract


Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Takengon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA.3 SMAN 1 Takengon yang berjumlah 30 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan angket untuk kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika. Teknik analisis data yhang digunakan untuk mengetahui persentase faktor kesulitan belajar yaitu memilah data sesuai indikator-indikator penelitian meliputi faktor guru, faktor fasilitas, faktor lingkungan, dan faktor siswa. Hasil analaisis data diperoleh bahwa faktor-faktor kesulitan belajar dengan persentase secara berturut-turut adalah faktor fasilitas (63,99%), faktor siswa (63,33 %), faktor guru (56,48%) dan faktor lingkungan (55,71%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor fasilitas.

Keywords


Kesulitan Belajar, Daring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.