PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SIKAP SPIRITUAL PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

. Khairunnisa, . Yusrizal, A. Halim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan LKS berbasis problem based learning bermuatan sikap spiritual agar menjadi produk yang layak digunakan sebagai bahan ajar fisika, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan lima tahap pengembangan yaitu Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya tahun ajaran 2016/2017. Uji lapangan operasional menggunakan Posttest-Only Control design. Data kemampuan berpikir kritis (hasil belajar kognitif) siswa diuji menggunakan uji t untuk dua sampel kecil yang tidak saling berhubungan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes tulis bentuk uraian berupa post-test diakhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) LKS yang dikembangkan layak atau dapat digunakan sebagai bahan ajar fisika, 2) Bahan ajar LKS berbasis problem based learning bermuatan sikap spiritual pada materi pengukuran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar fisika dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengukuran dikelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

 

Kata kunci : LKS, PBL, Sikap Spiritual, Berpikir Kritis.

 

Abstract

This study aims to determine: 1) Development of problem based learning based LKS charged spiritual attitude in order to become a viable product used as teaching materials physics, 2) To determine the increase critical thinking skills class X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. This research is a research & development (R & D) with five stages of development, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects were students of class X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya academic year 2016/2017. Operational field trials using Posttest-Only Control design. Data critical thinking skills (cognitive learning outcomes) students were tested using the t test for two small samples that are not interconnected. Data collection instruments used in the study is a written test in narrative form in the form of a post-test at the end of learning. The results showed that, 1) LKS developed feasible or can be used as teaching materials physics, 2) teaching materials based LKS problem based learning uncharged spiritual attitude to the material measurement can improve students' critical thinking skills. From this study it can be concluded that the worksheets that were developed fit for use as teaching material physics and can enhance students' critical thinking abilities in measuring material in class X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

 

Keywords: LKS, PBL, Spiritual Attitude, Critical Thinking.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.