PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN METODECONCEPT MAP DAN METODE MIND MAP DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017

Lena Farsia, Abdul Hamid, Agus Wahyuni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar fisika siswa kelas XI yang diajarkan menggunakan metode concept map dan metode mind map. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Banda Aceh pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pengujian hipotesis yaitu uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode mind map dan 34 siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode concept map. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar 76,2 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar 68,58. Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung=3,02 sedangkan ttabel=1,67 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 yang diajarkan menggunakan metode mind map lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA 4 yang diajarkan menggunakan metode concept map.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Concept Map, Mind Map

 

Abstract

This study attempts to compares the results learn physics grade students XI taught using methods concept a binder and methods mind a binder. This study was conducted in SMAN 7 Banda Aceh in the year 2016/ 2017. The research is research his experiments with the testing of hypotheses namely the population t. The research is all students XI in SMAN 7 Banda Aceh in a lesson 2016/2017 consisting of 6 class. The total sample of the research is 64 students consisting of 30 graders XI MIA 1 as a class experiment taught in a mind map and 34 graders XI MIA 4 as a class control taught by using the method concept map. On class experiment study results obtained rata-rata 76,2 in class control study results obtained rata-rata 68,58. In standard significant α = 0,05 obtained tcount = 3,02 while ttable = 1,67 which means in this research Ha accepted. Based on the results of this research has been concluded that graders study results XI MIA 1 taught in a mind map better than the learn physics graders XI MIA 4 taught in a concept map.

 

Keywords: study results, concept map, mind map.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.