PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

Lissa Zikriana, . Yusrizal, . Saminan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan pictorial riddle dalam proses pembelajaran. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswi kelas VIII3 di SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelasVIII3 SMP Negeri 1Banda Aceh yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, lembar soal test yaitu dalam bentuk test tulis berupa pretest diawal pembelajaran dan postest diakhir pembelajaran, serta lembar angket tanggapan siswa yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan hasil belajar fisika siswa, persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus I sampai siklus III yaitu 48%, 77%, dan 94% dan hasil belajar klasikal juga meningkat dengan persentase mulai dari siklus I hingga siklus III yaitu 40%, 60% dan 90%, (2) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, (3) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang hingga menjadi sangat, (4) respon siswa cenderung positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan pictorial riddle. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana.

 

Kata kunci : model pembelajaran inkuiri, pictorial riddle, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to determine improving student learning outcomes, the activities of teachers and students, the ability of teachers to manage learning, and students' responses to the implementation of inquiry learning model with pictorial approach riddle in the learning process. Type Action Research (PTK) on VIII3 grade student at SMP Negeri 1 Banda Aceh the school year 2016/2017. The subjects were students of SMP Negeri kelasVIII3 1Banda Aceh totaling 31 students. Data collection instruments used in the study is the observation sheets, sheets of test questions in the form of test writing in the form of learning in early pretest and posttest at the end of learning, and student feedback questionnaire sheets were analyzed using analysis of all three percentages. The results showed that (1) the improvement of learning outcomes physics students, the percentage of completeness individual as a whole increased from the first cycle to the third cycle is 48%, 77%, and 94% and the classical study also increased with the percentage ranging from the first cycle to cycle III: 40%, 60% and 90%, (2) an increase in activity of teachers and students during the learning process, (3) an increase in teacher's ability to manage learning from medium category up to be a very, (4) the students' responses tend to be positive towards the implementation inquiry learning model with pictorial approach riddle. Based on the results of this study concluded that the implementation of inquiry learning model with pictorial riddle approach can improve student learning outcomes in a simple plane material

 

Keywords: inquiry learning model, pictorial riddle, learning outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.