PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X IA-1 SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

Rizka Nurul Dina, Agus Wahyuni, . Saminan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, respon dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran ROPES. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IA-1 SMA Negeri 4 Banda Aceh dengan jumlah keseluruhan siswa 30 sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar fisika. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu lembar observasi. Tes objektif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa sedangkan respon siswa diketahui dari lembar respon siswa. Aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran menggunakan model ROPES meningkat. Aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik, pada siklus II dan III dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dan II dikategorikan baik sedangkan pada siklus III dikategorikan sangat baik. Sebagian besar keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik. Sebanyak 67% dari jumlah siswa tertarik untuk belajar dengan langkah-langkah model pembelajaran ROPES sedangkan 33% lainnya tidak tertarik. Hasil belajar siswa secara individual meningkat 3% pada siklus I sampai siklus II sementara pada siklus II sampai siklus III meningkat 20%. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat 5% pada siklus I sampai siklus II sementara pada siklus II sampai siklus III meningkat 8%. Agar hasil pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran ROPES sesuai dengan harapan, guru harus memegang prinsip-prinsip yang terdapat pada model tersebut.

 

Kata kunci : Model pembelajaran ROPES, hasil belajar, alat-alat optik

 

Abstract

This research aims to determine the student’s and the teacher’s learning activities, the teacher’s skills in managing learning, the response and study result of students by applying the ROPES learning model. The kind of this research is classroom action research (CAR). The subject of this research is students of class X IA-1 SMAN 4 Banda Aceh with total number of students 30, while the research object is physics study result. The research instrument which had been used to assess the student’s and the teacher’s learning activities as well as the teachers' skills in managing learning, namely the observation sheet. The objective test  used to determine study result while the response of students is known from student response sheet. The activities of teachers and students during learning using ROPES model increased. Activities teachers in the first cycle are categorized good, in cycle II and III categorized as very good. The student activity in cycle I and II considered good, while the third cycle categorized as very good. Most of the teacher’s skill in managing learning considered good. A learning model while 33% were not interested. The study result individually increases 3% in the first cycle to the second cycle while in the second cycle to the third cycle increases 20%. The study result classically increases 5% in the first cycle to the second cycle while in the second cycle to the third cycle increases 8%. In order the result of learning using ROPES model in line with expectations, teachers must hold the principles contained in the model.total of 67% of the number of students interested in learning the steps of ROPES.

 

Keywords: science community technology and learning outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.