FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN DI RAMAY STORE BANDA ACEH

Rada Fauziah, Musfiana Musfiana, A. Razak A. Razak, Asmaul Husna

Abstract


Persaingan di bidang usaha sangat sering terjadi, namun yang harus dipikir adalah bagaimana
strategi untuk memenangkan persaingan antara pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1). Faktor-faktor pendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh (2).
Faktor dominan yang menjadi pendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda
Aceh. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah pemilik dan konsumen yang berbelanja lebih dari satu kali di Ramay Store yaitu
sebanyak 15 orang. Objek penelitian adalah faktor internal sebagai pendorong konsumen melakukan
pembelian di Ramay Store yaitu faktor harga, produk, lokasi, promosi dan karyawan. Teknik
pengumpulan data dengan Pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1).Faktor-faktor pendorong
konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh adalah produk (Product) dimana
konsumen sangat puas dengan kualitas produk dan keaneka ragaman yang di jual di Ramay
Store, harga (Price) konsumen sangat puas dengan harga produk yang di jual, lokasi (Location)
yang sangat mudah di jangkau serta suasana toko yang nyaman, promosi (Promotion) menggunakan
online, Karyawan (employee) memberikan pelayanan yang cepat dan ramah kepada konsumen (2).
Faktor dominan yang mendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh
adalah faktor produk.

Kata Kunci: Faktor Pendorong, Ramay Store, Pembelian


Full Text:

PDF

References


Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami

Manajemen Pemasaran. Sukabumi: Cv.

Al Fath

Masriyah, R. A., Nurhasan, R., & Kurniawan,

D. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor

yang Mendorong Keputusan Pembelian

Konsumen Produk Edukasi PT.

Tigaraksa Satria di Garut. Journal

Knowledge Management, 16(1), 34-42.

Mowen, J.C., Dan Minor, M. 2017. Perilaku

Konsumen. Jakarta

: Erlangga

Munawaroh, Munjiati.

(2013).

Manajemen Operasi. Yogyakarta:Lp3m

Umy.

Safrida, S., Marsudi, E., & Jannah, P. (2020).

Analisis

Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Minuman Kopi Pada Warung Kopi

Solong Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

Jurnal Agrisep, 21(2), 70-80.

Saputra, Y., Rosihan, R. I., Spalanzani, W.,

Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022).




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpe.v5i2.29168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.