FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN DI RAMAY STORE BANDA ACEH
Abstract
Persaingan di bidang usaha sangat sering terjadi, namun yang harus dipikir adalah bagaimana
strategi untuk memenangkan persaingan antara pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1). Faktor-faktor pendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh (2).
Faktor dominan yang menjadi pendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda
Aceh. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah pemilik dan konsumen yang berbelanja lebih dari satu kali di Ramay Store yaitu
sebanyak 15 orang. Objek penelitian adalah faktor internal sebagai pendorong konsumen melakukan
pembelian di Ramay Store yaitu faktor harga, produk, lokasi, promosi dan karyawan. Teknik
pengumpulan data dengan Pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1).Faktor-faktor pendorong
konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh adalah produk (Product) dimana
konsumen sangat puas dengan kualitas produk dan keaneka ragaman yang di jual di Ramay
Store, harga (Price) konsumen sangat puas dengan harga produk yang di jual, lokasi (Location)
yang sangat mudah di jangkau serta suasana toko yang nyaman, promosi (Promotion) menggunakan
online, Karyawan (employee) memberikan pelayanan yang cepat dan ramah kepada konsumen (2).
Faktor dominan yang mendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh
adalah faktor produk.
Kata Kunci: Faktor Pendorong, Ramay Store, Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami
Manajemen Pemasaran. Sukabumi: Cv.
Al Fath
Masriyah, R. A., Nurhasan, R., & Kurniawan,
D. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor
yang Mendorong Keputusan Pembelian
Konsumen Produk Edukasi PT.
Tigaraksa Satria di Garut. Journal
Knowledge Management, 16(1), 34-42.
Mowen, J.C., Dan Minor, M. 2017. Perilaku
Konsumen. Jakarta
: Erlangga
Munawaroh, Munjiati.
(2013).
Manajemen Operasi. Yogyakarta:Lp3m
Umy.
Safrida, S., Marsudi, E., & Jannah, P. (2020).
Analisis
Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Minuman Kopi Pada Warung Kopi
Solong Ulee Kareng Kota Banda Aceh.
Jurnal Agrisep, 21(2), 70-80.
Saputra, Y., Rosihan, R. I., Spalanzani, W.,
Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022).
DOI: https://doi.org/10.24815/jimpe.v5i2.29168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)
e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.