PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI DI PT MEGANUSA SEMESTA SHOWROOM DEALER KAWASAKI CABANG BANDA ACEH

Eska Winsee Siahaan, Alfi Syahril Fuadi Jaya, Achmad Mustofa

Abstract


Sepeda motor menjadi pilihan alternatif yang digunakan konsumen untuk beraktivitas karena dianggap lebih efektif dan efisien dalam proses pemenuhan kebutuhan, juga digunakan sebagai alat pemuas keinginan sebagai pelengkap gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh brand  image  dan  promotion  terhadap  keputusan  pembelian sepeda motor Kawasaki. Populasi penelitian adalah konsumen PT. Meganusa Semesta yang telah membeli sepeda motor Kawasaki dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan instrumen menggunakan   kuesioner   dimana   pengisian   kuesioner   atau   angket   dalam   penelitian   ini menggunakan pertanyaan tertutup (closed questions) dan dalam daftar penelitian sudah disediakan alternatif jawaban, penyebaran kuesioner (angket) menggunakan bantuan google form. Pada analisa data menggunakan regresi linear berganda, uji t dan uji f pada taraf signifikansi 0,05 serta uji determinasi setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepda motor Kawasaki, 2) Promotion berpengaruh positif  dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor   Kawasaki,   3)   Brand   image   dan   promotion   secara   simultan   atau   bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki di PT. Meganusa Semesta secara positif dan signifikan. Hasil uji determinasi bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh brand image dan promotion sebesar 18,6% dan sisanya sebesar 81,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dan diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Brand Image, Promotion, Keputusan Pembelian

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asnawi, A., & Huwae, J. (2020). Pengaruh

gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki Ninja di Kota Ambon. Jurnal Masohi.

Alfiah, S., & Firmansyah. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket Kopkar Primavera PT. Indo American

Ceramics. Kajian dan Riset Manajemen

Profesional, 29-42.

Daoed, & Nugraha, F. (2019). engaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Cbr 150 R Pada Pt. Indako Trading Co Cabang Jl. Makmur Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 165-

Nicholas, L. (2020). Keputusan Pembelian Online (Studi pada Pengguna Traveloka dalam Pembelian Tiket Pesawat di Kota Medan). Ilmu administrasi dan politik.

Pasaribu, Sianipar, & Sartika. (2019).

Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 42-65.

Iwan, & Saputra, A. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indocafe pada PT. Prima Bintang Distribusindo. Magisma.

Syadean, Y. (2021). The Influence Of Quality,

Brand Image, and Promotion on Consumer Decision in Buying Honda Brand Motorcycle in the City of Bandung. 7950-7965.

Yuliastuti, Darlin, E., & Sugianto, E. (2021).

Pengaruh Citra Merek, Harga, dan

Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan

Online Shopee. Lentera Bisnis. Abdullah, T. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdurahman, & Herdiana, N. (2015).

Manajemen Strategi Pemasaran.

Bandung: CV Pustaka Setia. Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran

dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Charles, L. d. (2001). Pemasaran . JL. Wijaya

, Jakarta: Penerbit Salemba Emban

Patria.

Ely Suhayati, J. S. (2014). Riset Akuntansi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Ibm Statistik 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (1 nd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Malang: Penerbit Erlangga.

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management (15 ed.). Pearson Education Inc.

Kotler, P. &. (2016). Principle Of Marketing (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lamb, C., Hair, J., & McDaniel, c. (2001).

Pemasaran (1 ed.). Jakarta: Salemba

Empat.

Mustafa, Z. (2013). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Philip, K., & Armstrong, G. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Prastowo, A. (2016). Memahami Metode Metode Penelitian : Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jogjakarta: AR- RUZZ MEDIA.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Bandung,: CV.Pustaka Setia. Rumengan, J., Hakim, A., Juliandi, A., &

Fahmi, M. (2013). Statistik Penelitian (1 ed.). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen.

Bogor, Kencana: Fajar Interpratama

Offset.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS. Jakarta.

Sitorus, O. F. (2017). Buku Ajar Strategi

Promosi Penjualan. FKIP UHAMKA. Sofian, A. (2013). Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Rajawali Pers. Sudarmanto, G. (2005). Analisis Regresi

Linear Berganda dengan SPSS (1 ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhayati Ely, J. S. (2014). Riset Akuntansi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, D. (2012). Analisis Validitas dan Asumsi Klasik. Yogyakarta Penerbit Gava Media: Penerbit Gava Media.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan (1 ed.). Jl. BKR (Lingkar Selatan) Bandung: CV

Pustaka Setia.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan Strategi

Merek. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran.

Yogyakarta: Andi Offset.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen.

Bandung: CV. Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.