PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR AMAN DAN NYAMAN SERTA INKLUSIF DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

Lilis Asmanijar, Alfi Syahril Fuadi Jaya, Achmad Mustofa, Nana Suraiya

Abstract


Kendala yang beragam dapat muncul dari aneka macam faktor sehingga akibatnya proses pembelajaran kurang optimal, seperti model pembelajaran guru masih monoton sehingga menyebabkan suasana pembelajaran menjadi kaku dan membosankan. Bila tidak disikapi dengan serius maka lingkungan pembelajaran kurang dirasakan manfaatnya oleh peserta didik, maka dari itu kepala sekolah perlu melakukan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran jelas tentang bagaimana pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam mewujudkan lingkungan belajar aman dan nyaman serta inklusif di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan terhadap 3 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Negeri 2 Banda Aceh dibantu oleh teamwork dalam menyukseskan pelaksanaan supervisi yaitu para guru senior yang telah dibentuk untuk menjadi supervisor pada waktu yang telah ditentukan, dengan melakukan pengarahan, pengawasan, memecahkan masalah guru, serta menciptakan hubungan antar pribadi. SMP Negeri 2 Banda Aceh merupakan sekolah dengan lingkungan aman nyaman dan inklusif ini dibuktikan dengan tertibnya kegiatan pembelajaran, guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, maupun siswa yang saling menghargai sehingga SMP Negeri 2 Banda Aceh dapat dipastikan bahwa kepala sekolah telah berhasil dalam mewujudkan lingkungan belajar aman nyaman dan inklusif.

 

Keywords: Supervisi, Kepala Sekolah, Lingkungan Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelaksanaan supervisi klinis dengan teknik kelompok. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01), 1–

Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis peran supervisi akademik kepala sekolah kepada guru IPA di SMP Negeri

Kupang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.16 1

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas RI : Jakarta.

Djohar M. (2013). Lingkungan Pembelajaran.

Hanafiah, F. F. (2021). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar anak di TK IT Baitul Muslim Lampung Timur. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Handayani, L., & Sukirman. (2020). Kontribusi supervisi kepala sekolah pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMP 3 Bae Kudus. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 297–310.

Kristiawan, M., Yuyun Yuniarsih, Mp., Happy Fitria, Mp., & Nola Refika SPd, Mp. (2019). Supervisi Pendidikan (Issue April). ALFABETA, CV. www.cvalfabeta.com

Maisaroh S, M.Pd Danuri, M. P. (2020). Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Pertama). Tunas Gemilang Press.

Mulu. (2013). Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nasution, R. I. (2021). Supervisi Pendidikan

(pertama). www.cvalfabeta.com

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1), 123–144.

Permendikbud. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 40 Tahun 2021 Tentang Kepala Sekolah.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Rosya, N. N. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Islam Cendikia Bandar Lampung (Vol. 53, Issue 9). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sardiyanah, S. (2014). Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Al- Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.47435/al- qalam.v6i2.173

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru). Acima Publishing, 53(9), 1689–1699.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (pertama).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.

Sulastri, A. Y. U., Manajemen, J., & Islam, P. (2019). Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Mts Islamiyah Ypi. Universitas Islam Negeri Sumatera utara.

Taqizar. (2018). Supervisi Berbasis IT (Supervisi berbasis internet). Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1 (2), 2580-3433. http://ejournal.kopertais4.or.id/sas ambo/index.php/atTadbir

Fayolle, et al. (2006). Assesing The Impact Of Entrepreneurship Education Programmes: A New Methodology. Journal Of Europian Industrial Training, 30 (9), 701 – 720.

Karimi, et al. (2016). The Impact Of

Entrepreneurship Education: A Study Of Iranian Students' Entrepreneurial Intentions And Opportunity Identification. Journal Of Small Business Management, 54 (1), 187-209.

Kolvereid. (1996). Prediction of Employment Status Choice intentions. Entrepreneurship Theory and Practice, (21), 47-5.

Linan, F., dan Chen, Y. (2009). Development and cross-cultural application of a specific instrument to measure entrepreneurial intentions. Entrepreneurship Theory and Practice, 33(3), 593–617.

Mustofa, A., Murtini, W., & Sawiji, H. (2018). Effect of Subjective Norms Mediation to Entrepreneurship Intention at Entrepreneurship Learning in School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5 (4),

-354.

Mustofa, A., Murtini, W., & Sawiji, H. (2019). Learning of Craft and Entrepreneurship Towards Student’s Entrepreneurship Interest Referred from Planned Behavior. International Journal of Active Learning, 4(1), 1-9.

Riani, A. L., Sawitri, H. S. R. & Rahmawati. (2012). Peran Eep Pada Perilaku Entrepreneurial Dan Kepuasan Kinerja Perajin Batik Surakarta, Karanganyar Dan Sragen. Jurnal Siasat Bisnis, 16 (2), 258-266.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.