TANGGAPAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA

Zakaria Zakaria, Zulfadhli Zulfadhli, Anggi Rahayu Saragih

Abstract


ABSTRAK

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan orang tua terhadap pembelajaran daring semasa pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini, menggunakan data primer dan data sekunder, dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan orang tua terhadap pembelajaran daring pada SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Informan dalam penelitan ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel yang ditetapkan secara sengaja oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini ialah 10 orang tua siswa SMP Negeri 4 Kejuruan Muda. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu data collection, data reduction, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan orang tua terhadap pembelajaran daring di SMPN 4 Kejuruan muda merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang yaitu belajar di rumah dinilai kurang efektif. Pandangan orang tua terhadap belajar dari rumah (belajar online) adalah : 1) tidak semua anak memiliki fasilitas belajar berbasis internet dan teknologi dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang berbeda-beda sehingga ada kesulitan bagi orang tua terkait penyediaan fasilitas belajar, 2) orang tua tidak memiliki akademik yang sama sehingga dalam mendampingi anak belajar, orang tua merasa kesulitan, 3) anak-anak tidak disiplin waktu dalam pengerjaan tugas sehingga belajar dari rumah dinilai orang tua tidak efektif, 4) tugas yang diberikan guru tidak begitu jelas, 5) harapan orang tua adalah pandemik segera berakhir, dan anak-anak bisa sekolah seperti biasa.

Keywords: Tanggapan Orang Tua, Pembelajaran Daring, Covid-19


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali Sadikin, Afreni Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol 06 No 02, 2020.

Dahlia, Ucup Sapriatna, “Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol XII No 2 Juli 2021

Dina, (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1.

Faisal, Sanafiah, 2015. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fauziah, (2020). Update Jumlah Kasus Corona di Indonesia, Pasien Positif 1.528, Hanya 2 Provinsi yang Nol Kasus, https://mataram. tribunnews. com/ 2020/ 04/01/update-jumlah-kasus-corona-di-indonesia pasien-positif-1528-hanya-2-provinsi yang-nol-kasus, diakses tanggal 25 September 2022 pukul 20:00 WIB.

Moleong, (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Siti Zakiyatul Lutfiah, “Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah selama Pandemi Covid-19”, Jurnal, Vol. 5 No. 2, Juli 2020.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutia dan Sagita, (2020). Tanggapan Siswa, Orang Tua dan Guru terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19, Jurnal Inspirasi Volume 11 Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.