PENGARUH E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SUKMA BANGSA BIREUEN.

Agusti Mahliza, Alfi Syahril Fuadi Jaya, A. Razak A. Razak, Asmaul Husna

Abstract


Pendidikan sangat berpengaruh terhadap masa depan bangsa dan negara. Untuk mewujudkan bangsa yang maju maka yang dapat dilakukan adalah menjadikan perkembangan ilmu dan teknologi sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan E-learning. E-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik.  Melalui E-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan, dan mendemonstrasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian asosiatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data terkait E-learning dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan nilai hasil belajar diambil dari data sekunder pada rekapitulasi nilai evaluasi tengah semester pelajaran Ekonomi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan E-learning tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas IPS SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,718 > 0,05) dan juga hasil  (0,364) <  (2,00665) yang artinya E-learning tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen.

 

Keywords: E-learning, Hasil Belajar, IPS, Mata Pelajaran Ekonomi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariyani, H. D. (2020). Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Online Learning Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain (1st ed.). Bandung Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah.

Dinar, M., & Hasan, M. (2018). Pengantar Ekonomi Teori dan Aplikasinya. CV. Nur Lina.

Febriani, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Hannah, K. (2021). Pengaruh Penggunaan E-learning terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA di MAN Lumajang Tahun Ajaran 2020/2021.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Humairoh, Z. (2018). Pengaruh Self Efficacy dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Puragabaya Bandung.

Larasati, S. D. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Bojonegoro.

Putri, A. N. (2020). Relasi Sosial Sekolah Sukma Bangsa Bireuen dengan Masyarakat Cot Keutapang.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikas (1st ed.). Rajawali Pers.

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi : Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di Mi Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Jurnal.Stiq-Amuntai.Ac.Id, 4(1), 51–76.

Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2), 71–80.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran elektornik (e-learning) dan internet dalam rangka mengoptimalkan kreativitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Unswagati, 1(2), 82–96.

Setiowati, T. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Di MTS NU Ungaran Tahun Ajaran 2018/2019.

Shofiyah, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Android dan E-Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–124.

Siska, J., Selviani, D., & Herianto, A. (n.d.). Pemanfaatan Media Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. 3, 3–7.

Suartama, i kadek. (2014). E-learning Konsep dan Aplikasinya. Ganesha University of Education.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. In Ahlimedia Press (Anggota IKAPI: 264/JTI/2020) (p. 22).

Triama, R. A. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. In Industry and Higher Education (Issue 1).

V.Wiratna Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. PUSTAKABARUPRESS.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Fakor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. In Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dsn Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.