PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

Zahratul Hayati, Zakaria Zakaria, Musfiana Musfiana

Abstract


Penelitian ini berjudul “Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Metode Resitasi Dan Metode Diskusi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri 2 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dan metode diskusi pada mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS pada SMA Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 183 orang siswa sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 68 orang yang terbagi kedalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang diajarkan dengan metode resitasi dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 32 orang siswa diajarkan dengan metode diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode resitasi sebesar 79,41 sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode diskusi sebesar 69,84. Berikutnya dari analisis data diperoleh thitung>ttabel dimana thitung 5,14 sementara ttabel 1,99 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbandingan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dan metode diskusi dalam mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri 2 Banda Aceh. Sehingga hipotesis yang berbunyi “diduga terdapat perbandingan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dan metode diskusi dalam mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri 2 Banda Aceh” dapat diterima kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Syah, Muhibbin. 2015. psikologi belajar. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Daniel Akbar Wibowo dan Yoni Hermawan. 2014. Penerapan Metode Resitasi Dan Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.Vol. 20, Nomor 3, September 2014. Diakses 17 Januari. 2019.

Ahmad Syafi'i, dkk. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Volume 2, Nomor 2, Juli 2018. diakses 04 Desember 2019.

Kholidi Ismatulloh. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Dalam Pembelajaran Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika. Volume 1, Nomor 1, Juni 2017. Diakses 04 Desember 2019.

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 1, Nomor 1, Februari 2017. Diakses 04 Desember 2019.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Mukrimah Siti, Sifa. 2014. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi.

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpe.v1i2.14926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.