PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH

Linda Linda, Ruaida Ruaida, Nana Suraiya

Abstract


Penelitian yang berjudul “Pengetahuan Guru Tentang Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri Di Kota Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh berjumlah 44 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 14 orang guru mata pelajaran ekonomi dengan teknik Non Random Sampel yaitu cara pengambilan sampel yang tidak semua anggota sampel diberi kesempatan untuk dipilih sebagai anggota sampel. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Diperoleh hasil dari soal tes pengetahuan bahwa pengetahuan guru tentang penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat secara keseluruhan yang masuk dalam kategori baik sekali yaitu berjumlah 7 orang guru, dan 7 orang guru masuk dalam kategori baik. (2) Diperoleh dari hasil wawancara bahwa kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu: dalam proses penilaian Kurikulum 2013 sangat banyak bentuk penilaian yang harus dinilai oleh guru terutama pada penilaian sikap, banyaknya komponen yang harus diperhatikan guru secara bersamaan dalam melaksanakan penilaian dan banyaknya jumlah peserta didik dalam satu ruangan menyebabkan pembelajaran kurang efektif sehingga guru kesulitan dalam mengatasi peserta didik, guru harus memenuhi beban kerja paling sedikit 24 jam dan paling banyak 40 jam dalam seminggu sehingga guru belum mampu mengolah waktu dalam melaksanakan penilaian dikarenakan alokasi waktu pembelajaran dalam seminggu cukup menguras waktu dan tenaga.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Candra, Novi. 2019. Pendidikan di Indonsia Kehilangan Jiwa, (Online). (https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id, diakses 6 Februari 2019)

Djamarah, S.B. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi

http://etheses.uin-malang.ac.id/1216/7/11410138_Bab_3.pdf

Mahmud. 2014. Kendala Guru Dalam Melakukan Penilaian Pada Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Gugus Delima Banda Aceh, (Online), Volume 2, Nomor 3, Oktober 2014. (https://www.jurnal.unsyiah.ac.id, diakses 02 Oktober 2019).

Moleong Lexi J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Pratiwi, Indah. 2015. Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Kabupaten Sleman, (Online). (https://eprints.uny.ac.id, diakses 01 Oktober 2019).

Sinta, Intan, Rara, dkk. 2015. Pemahaman Guru Terhadap Sistem Penilaiai Autentik Pada Mata Pelajaran PS di SMP Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir, (Online), Volume 2, Nomor 2, 2015. (https://ejournal.unsri.ac.id, diakses 6 Januari 2019).

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2009. Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsani, Nurul Fadhilah. 2018. Pemahaman Guru Terhadap Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Bandar Lampung, (Online). (https://jurnal.fkip.unila.ac.id, diakses 01 Oktober 2019).

Widiyanti, Nina, dkk. 2014. Studi Tentang Pemahaman Guru Terhadap Penilaian Autentik Jenis Portofolio Pada Kurikulum 2013, (Online). (https://jurnal.fkip.unila.ac.id, diakses 6 Januari 2019).

Yuliastuti, Elok Gita. 2017. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Mojosari Mojokerto, (Online), Volume 10, Nomor 1, 2017. (https://journal.um.ac.id, diakses 02 Oktober 2019).




DOI: https://doi.org/10.24815/jimpe.v1i2.14925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.