PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MAN 4 ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar”. Pada proses
pembelajaran sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat diperlukan sekolah untuk menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, (2) hambatan dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, (3) solusi dari hambatan sarana dan prasarana pendidikan, (4) usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala bidang sarana dan prasarana MAN 4 Aceh Besar sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah seperti kepala sekolah, wakil, dan guru-guru, untuk pengadaan berdasarkan kebutuhan yang diprioritaskan dan disesuaikan dengan dana, baik itu dana BOS maupun bantuan dari pihak lain. Kemudian dicatat dalam buku inventaris untuk jangka waktu satu tahun. Sedangkan untuk penghapusan sampai saat ini belum pernah dilakukan. (2) Hambatan dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan ialah kurangnya kesadaran siswa terhadap perawatan dan penjagaan sarana dan prasarana. (3) Solusinya ialah guru memberi nasehat kepada para siswa agar lebih menjaga dan memelihara sarana dan prasarana yang ada. (4) Usaha yang dilakukan ialah dengan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan serta memotivasi siswa agar lebih giat dalam belajar.
Full Text:
PDFReferences
Barnawi dan M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan
Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ruzz Media.
Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Iskandar, dkk. 2017. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.
Jurnal Manajer Pendidikan. (11)6: 511-516. Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maya Ratna Susanti, Ika. 2016. Manajemen Sarana dan
Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Ejournal-
unesa. (4)1. https://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id.
Megasari, Rika. 2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan
Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. (2)1:636-831.
Muh. Fitrah, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru yang Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mundzirul Mufid, Moh. 2015. Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 3 Kediri. E-journal-unesa. (1)1. https://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id.
Nurbaiti. 2015. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. (9)4: 536- 546.
Pahlevi Reza, dkk. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana untuk
Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan. (25)1: 88-94.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saihudin. 2018. Manajemen Institusi Pendidikan. Sidoarjo: Uwais
Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya. Undang-undang No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.24815/jimpe.v1i2.14922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIMPE (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)
e-ISSN: 2746-7775
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP USK
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.