Penerapan Model Inquiry Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 2 Darul Imarah

Fitria Ulfa, Dewi Andayani, Hafnati Rahmatan, Samingan Samingan, Asiah Asiah

Abstract


Abstract

The low learning outcomes of class VIII students regarding respiratory system material is a problem found at SMPN 2 Darul Imarah school. this research aims is to determine the improvement in learning outcomes of class VIII students at SMPN 2 Darul Imarah after implementing the guided inquiry learning model on respiratory system material. This research is experimental research. The research population was all students in class VIII of SMPN 2 Darul Imarah, totaling 70 students. Data is collected through learning outcomes test items. To analyze the data, the N-Gain formula and t-test were used. The results showed that N-Gain score for the experimental class was 0.71, which represents high criteria, and N-Gain score for the control class was 0.38, which represents medium criteria. After implementing the guided inquiry learning model, it can be concluded that students' learning outcomes regarding respiratory system material have increased.

Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Respiratory System

Abstrak

Rendahnya hasil pembelajaran peserta didik kelas VIII tentang materi sistem pernapasan merupakan masalah yang didapatkan di sekolah SMPN 2 Darul Imarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Darul Imarah setelah penerapan model pembelajaran inqury terbimbing pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini disebut penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Darul Imarah berjumlah 70 peserta didik. Data dikumpulkan melalui alat item tes hasil belajar. Untuk menganalisis data, rumus N-Gain dan uji-t digunakan. Hasil penelitian menunjukkan skor N-Gain kelas eksperimen adalah 0,71, yang mewakili kriteria tinggi, dan skor N-Gain kelas kontrol adalah 0,38, yang mewakili kriteria sedang. Setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik tentang materi sistem pernapasan meningkat.

Katakunci: Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Sistem pernapasan


Full Text:

PDF

References


Adiputra, D. k. (2017). Pengaruh metode pembelajara inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar ipa kelas vi di sd negeri cipete 2 kecamatan curug kota serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 1(1), 22-34). https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no1 .a11047

Aprilia, F. D. A., & Anggaryani, M. (2023) berbasis STEM terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi Gelombang cahaya kelas XI IPA SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 241-248. https://doi.org/ 10.33369/pendipa.7.2.241-248

Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis gaya belajar ditinjau dari hasil belajar siswa. Ilmu pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183-187. https://doi.org/10.17977/um027v3i22 018p183

Dewi, N. P., Martini., & Purnomo, A. R. (2021). Analisis miskonsepsi peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 3(9), 422-428. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php /pensa/article/ view/40331

Firdaus, M. R., Istyadji, M., & Sauqina, S. (2021). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan dan keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), 15-27. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3370

Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa smk. Jurnal pendidikan vokasi, 5(2), 183-194. https:// doi.org/10.21831/jpv.v5i2. 6384

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22-31.

Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan aplikasinya. UPI Press. https://books.Goo gle.com/books/about/Dasar_Dasar_IPA_Konsep_dan_Aplikasinya.html?id=phpKDwAAQBAJ

Sujana, I. G. (2020). Meningkatkan hasil belajar ipa melalui penerapan metode inkuiri terbimbing. Journal of Education Action Research, 4(4), 514-521. https://doi.org/10 .23887/jear.v4i4.28651


Refbacks

  • There are currently no refbacks.