Projek Pop Up Book Melalui Pembelajaran PjBL-STEM Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Peserta Didik

Nisa Hudani Nabilla, Wiwit Artika, Vivera Ruselli Puspa, Samingan Samingan, Fitrah Asma Ulhusna

Abstract


Abstract

Low learning outcomes and student activity is a phenomenon found at SMP Negeri 3 Banda Aceh. One solution that can be applied to improve these two aspects is the implementation of a pop up book project with a STEM-based PjBL model on the classification of living things. This research aims to analyze the differences in learning outcomes and student activity between those who took part in learning to implement the pop up book project using the STEM-based PjBL learning model and students who received the Discovery Learning model. The research population included all class VII students at SMP Negeri 3 Banda Aceh and sampling was carried out using a purposive sampling technique. This research uses a type of research in the form of an experiment with a quantitative approach. Data was collected through pretest and posttest as well as observation sheets. To test differences in ability in learning outcomes, the t-test was used and to test activity, a Likert scale was used. The research results showed that there were significant differences in learning outcomes and student activity between the control and experimental classes

Keywords: Activity, Learning Outcome

Abstrak

Rendahnya hasil belajar dan keaktifan peserta didik merupakan fenomena yang ditemukan di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kedua aspek tersebut yaitu penerapan proyek pop up book dengan model PjBL berbasis STEM pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar dan keaktifan peserta didik antara yang mengikuti pembelajaran penerapan proyek pop up book model pembelajaran PjBL berbasis STEM dengan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran model Discovery Learning. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh danpengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan melalui pretest dan posttest serta lembar observasi. Untuk menguji perbedaan kemampuan hasil belajar digunakan uji-t dan untuk menguji keaktifan digunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar dan keaktifan peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen.

Kata kunci: Hasil Belajar, Keaktifan


Full Text:

PDF

References


Astuti, I. D., Toto., & Yulisma, L., (2019). ​Model Project Based Learning ​(PJBL) ​terintegrasi STEM untuk meningkatkan ​penguasaan konsep dan aktivitas ​belajar siswa. Quagga: Jurnal ​Pendidikan dan Biologi, 11:2, 93-98. ​http://dx.doi.org/10.25134/quagga.v11i​2.1915

Bryan, L., & Guzey, S., S. (2020). K-12 ​STEM ​Education: An overview of ​perspectives and considerations. ​Hellenic Journal of STEM ​Education, 1(1), ​5-15. https://doi.org/10.51724/hjstemed.v​1i1.5.

Dewi., & Rosmalisa, M. (2023). Kelebihan dan ​kekurangan Project-based Learning ​untuk penguatan Profil Pelajar ​Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi ​Kurikulum, 19(2), 213-226. ​https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.4422​6.

Fathoni, A., Muslim S., Ismayati, E., Munoto, T. R., & Nurlaela, L. (2020). STEM: Inovasi dalam pembelajaran vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 34-42. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.337.

Ishak, A. M. F., Israwati, I. & Halik, A. (2021). ​Penerapan pendekatan STEM untuk ​meningkatkan hasil belajar siswa ​sekolah dasar kelas lima di Kabupaten ​Barru. Pinisi Journal of Education. ​1(1). 38-58. ​https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/2​6603

Mamahit, J. A., Aloysius. D. C., & Suwono, H. ​(2020). Efektivitas model Project-​Based Learning terintegrasi STEM ​(PjBL-STEM) terhadap keterampilan ​berpikir kreatif siswa kelas X. Jurnal ​Pendidikan: Teori, Penelitian dan ​Pengembangan, 5(9), 1284-1289. ​http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.1​4034

Olsen, B. D., Zhbanova. K. S., Parpucu. H., ​Alkouri. Z., & Rule, A. C. (2013). Pop-​Up constructions motivate and ​reinforce science learning for ​upper ​elementary students. Routledge Taylor ​& Franchis Group, 50(1), 119-​133. ​http://dx.doi.org/10.1080/00368121.20​13.846899

Rama, P. K., & Antara, P. A. (2022). Media ​pembelajaran Pop-Up Book berbasis ​pengenalan motif hias bali kelas III ​pada Pembelajaran seni budaya dan ​prakarya. Jurnal Ilmiah Pendidikan ​Profesi Guru, 5(2), 259-270.https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.496​57.

Sabtu, A. H., Sundari., & Tamalene, M. N. ​(2022). Penerapan model PBL Melalui ​pendekatan STEM dalam pembelajaran ​biologi untuk meningkatkan hasil ​belajar siswa di SMA Negeri 7 ​Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, ​5(2), ​107-114. https://doi.org/10.333​87/bioedu.v5i2.5229.

Sahid., Haekal, M. R., Saparuddin., & Arisnawati. (2023). Upaya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran PjBL di SMPNegeri 1 Supra. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 13-22. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.511

Sudjana, N. (2023). Cara belajar siswa ​aktif ​dalam proses belajar ​mengajar. ​Bandung: Sinar Baru .

Triani, W., Zulkarnain., & Kurnia, R. (2015). ​Pengaruh model pembelajaran Project ​Based Learning terhadap hasil belajar ​Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, ​3(6), 1-11. http://dx.doi.org/10.239 ​60%2Fjpg.v3i6.10445

Wibowo, N. (2016). Upaya meningkatkan ​keaktifan siswa melalui pembelajaran ​berdasarkan gaya belajar di SMK ​Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, ​Informatics, and Vocational Education ​(ELINVO), 1(2), 128-139. ​http://dx.doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.​10621

Widyasari, L. A., Sarwanto., & Prayitno, B. A. ​(2013). Pembelajaran biologi ​menggunakan model accelerated ​learning melalui concept mapping dan ​mind mapping ditinjau dari kreativitas ​dan kemampuan verbal siswa. ​Jurnal ​Inkuiri, 2(3), 247-254. ​https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9​792


Refbacks

  • There are currently no refbacks.