Pengaruh Media Video Animasi pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Motivasi Belajar Aspek Attention Peserta Didik SMPN 9 Banda Aceh
Abstract
ABSTRACT
Animated video media is a learning media that is able to increase student motivation. This research aims to determine the motivational criteria of students through the use of animated video media on the classification of living creatures. This research uses a quantitative approach and experimental research type. The research sample consisted of 59 people determined using a purposive sampling technique. The motivation data collection technique used a questionnaire. Analysis of student motivation data using a percentage formula. The results of the analysis of students' overall learning motivation data obtained "very good" criteria, so the hypothesis was accepted. The conclusion of this research is that student motivation is at the "very good" criteria through the use of animated video media on the classification of living creatures at SMPN 9 Banda Aceh.
Keywords: learning motivation, animated videos
ABSTRAK
Media video animasi ialah media pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kriteria motivasi peserta didik melalui penggunaan media video animasi pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 59 orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data motivasi digunakan angket. Analisis data motivasi peserta didik menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data motivasi belajar peserta didik secara keseluruhan diperoleh kriteria “sangat baik”, maka hipotesis diterima. Simpulan dari penelitian ini ialah motivasi peserta didik berada pada kriteria “sangat baik” melalui penggunaan media video animasi materi klasifikasi makhluk hidup di SMPN 9 Banda Aceh. Kata kunci: motivasi belajar, video animasi
References
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis kebutuhan pembelajaran sejarah di era digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1): 1-10.
Rahmah, F, I. (2019). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak sekolah dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2): 87-99.
Seto, S, B., Wondo, M, T, S., Mei, M, F. (2020). Hubungan motivasi terhadap tingkat stress mahapeserta didik dalam menulis tugas akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3): 733-739.
Yusuf, . F., & Zuliani, R. (2022). Pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar IPA Kelas III SD Negeri Larangan 09. Jurnal Fondatia, 6(1): 1-5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.