PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK MATERI MENELAAH STRUKTUR TEKS CERITA FABEL MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII SMP 18 BANDA ACEH

Salsabila Salsabila, Muhammad Iqbal, Subhayni Subhayni

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan LKPD dengan menggunakan metode Problem Based Learning yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur cerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan LKPD dengan menggunakan metode Problem Based Learning yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur cerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Reseacrh and Development. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi,validasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan model Four- D. Penelitian ini telah menghasilkan LKPD dengan materi menelaah struktur teks cerita fabel menggunakan metode Problem Based Learning kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak penilaian dari dua validator ahli yaitu validator Ahli Materi dan Ahli Media dengan rata-rata 95%, respon guru Bahasa Indonesia terhadap LKPD dengan metode Problem Based Learning adalah positif sehingga sehingga LKPD dengan metode Problem Based Learning juga layak digunakan sebagai bahan ajar dengan presentase yang diperoleh 53,36% yaitu kriteria sangat tertarik dan tertarik 57,36%. Hasil penelitian yang diperoleh dari siswa 80% kategori sangat tertarik sementara interpretasi yang didapatkan rentan 81-100%.

Kata kunci: pengembangan, cerita fabel, problem based learning

ABSTRACT

The summary of this reseacrh problem is how the development process of LKPD by using the Problem Based Learning method used to teach the material of reading the fabel story structure to students of class VII SMP 18 Banda Aceh. This research methodology uses a qualitative approach with the types of reseacrh and development reseacrh. Data collection technique is interview, observation, validation, and survey. Data analysis technique using Four-D model. This reseacrh has resulted in LKPD with material studying fabel story text structure using Problem Based Learning nethod class VII 18 Banda Aceh developed meets the criteria very worthy evaluation of two expert validators is validator of material expert  and media expert with an average of 95% Indonesia Language teacher response to LKPD with the Problem Based Learning method also deserves to be used as a teaching material with presentation abtained 53,36% is the criteria are very interested and attracted 57,36%. The research shows that the presentations obtained from the learn’s response survey were 80% among the categories that were highly interested, according to the score interpretation criteria that the categories were highly interested in the value range 81-100.

Keywords: student sheet, fable text, problem based learning method


References


Agustina, Maya. 2018. Problem Based Learning (PBL) Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 10 (2).

Novriany, Syilvia. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Apresiasi Novel Berbasis Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri Sumsel Palembang”. Basatra Jurnal Bahas, Sastra dan Pengajaran, Volume 7(1) : 58-67.

Putra, Yushua Adi. 2021. “Pengembangan Lagu Buddhis Anak sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Budha Kelas V’’. Jurnal Pencerahan, Volume 14 (1)

Thiagaraja, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern. Washinton DC: National Center for Improvent Educatonal System.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ISSN 2654-7562 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Syiah Kuala
Website : http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbsi
Email     : jimpbsi@fkip.unsyiah.ac.id