Pemanfaatan komputer berbicara sebagai media pembelajaran di sekolah dasar luar biasa negeri Banda Aceh

Syifa Urrachmah, Nurhasanah Nurhasanah, Martunis Yahya

Abstract


Abstract: Talking Computer is a set of ordinary computer that is equipped with a screen reader program (screen reader). This program translates information and all activities on the monitor screen into audio data which are then sent to the Sound Cart on the CPU (Central Processing Unit). Through computer talking media, blind students can obtain information and access the wider subject materials and overcome students' saturation using braille in learning. This research is a follow up of student creativity program which was done in 2017. This study aims to describe the use of talking computer as a medium of learning and obstacles faced by teachers and students in the state SDLB Banda Aceh. This research uses descriptive approach with qualitative research type, involving 4 (four) participants. Data were collected through interview, documentation and observation. Based on the results of the research, Talking Computer has been utilized as a medium of learning by the teachers and students in SDLB Banda Aceh, although only on Indonesian language lessons for certain materials and extracurricular activities. However, in the use of Talking Computer, students experienced some barriers in understanding the programming language *screen reader* that still uses English. Teacher also experienced some obstacles, such as the unavailability of a special room to use Talking Computer, as such the teachers with impaired vision (blind) were unable to direct students with visual impairment to enter the library into a temporary space. Therefore, there is a need for special space and advanced training to train students. 

Keywords: Blind students, Learning Media, Screen Reader, Talking Computer 

Abstrak: Komputer berbicara merupakan seperangkat komputer biasa yang telah dilengkapi dengan program pembaca layar (screen reader). Program ini menterjemahkan informasi dan seluruh aktivitas pada  layar  monitor menjadi  data  audio yang selanjutnya dikirim ke Sound Cart pada CPU  (Central  Processing  Unit). Melalui media komputer berbicara, siswa tunanetra dapat memperoleh informasi dan mengakses materi pelajaran yang lebih luas serta mengatasi kejenuhan siswa menggunakan huruf Braille dalam belajar. Penelitian ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang telah dilakukan pada tahun 2017 lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan komputer berbicara sebagai media pembelajaran serta hambatan-hambatan yang dihadapi guru dan siswa di SDLB Negeri Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif, subyek penelitian berjumlah 4 (empat) orang, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, komputer berbicara telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran oleh guru dan siswa di SDLB Negeri Banda Aceh, meskipun hanya pada pelajaran bahasa Indonesia untuk materi tertentu saja dan kegiatan ekstrakurikuler. Dalam pemanfaatan komputer berbicara, siswa mengalami hambatan dalam memahami Bahasa pemrograman screen reader yang masih menggunakan Bahasa Inggris. Sedangkan hambatan yang dialami guru adalah tidak tersedianya ruangan khusus untuk menggunakan komputer berbicara sehingga guru yang juga mengalami hambatan penglihatan (tunanetra) kesulitan mengarahkan siswa tunanetra untuk memasuki perpustakaan yang menjadi ruang sementara. Oleh karena itu, perlu adanya ruang khusus dan pelatihan lanjutan untuk melatih keterampilan siswa dalam mengoperasikan komputer berbicara.

Kata Kunci: Tunanetra, Media Pembelajaran, Screen Reader, Komputer Berbicara


Full Text:

PDF

References


Apriliana, N., & Hidayat, P. (2015). Pemanfaatan Komputer Bicara dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Tunanetra di Yayasan Mitra Netra. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah RILIANA-FAH.pdf diakses pada 02/10/2017 21:31

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/28847/3/NURAINI%20A

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Depdiknas. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Widiaiswara. Edisi 1 no. 4, Oktober - Desember 2014. P.104-117

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Pengertian Komputer. https://kbbi.web.id/komputer diakses pada 27/09/2017 11:01 PM.

Muharam, D. P. JAWS. https://www.kartunet.com/mengenal-program-pembaca-layar-JAWS-3218/ diakses pada 27/09/2017 11:11 PM.

Muharam, D. P. Komputer Bicara. https://www.kartunet.com/panduan-menggunakan-komputer-bicara-untuk-tunanetra-11594/ diakses pada 28/09/2017 21:32 PM.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Syahrul. 2010. Organisasi dan Arsitektur Komputer. Yogyakarta : Penerbit Andi

Tim Instruktur Pertuni DKI Jakarta. 2013. Diktat Pelatihan Komputer Bicara dengan Screen reader Bagi Tunanetra. Jakarta : Yayasan Raudhatul Makfufin


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.