PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI OLEH GURU BK DI SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

Afra Nabila, Nurbaity Bustamam, Jamilah Aini Nasution

Abstract


Layanan informasi berfungsi memberikan pemahaman kepada seorang atau sekelompok peserta didik berkaitan dengan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam bidang kehidupan pribadi, hubungan sosial, keterampilan belajar ataupun keputusan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan layanan informasi yang dilakukan oleh Guru BK di SMA Negeri Banda Aceh. Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 3 (tiga) orang Guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian melalui wawancara menunjukkan bahwa (1) Guru BK melakukan perencanaan layanan informasi dengan cara mengidentifikasi kebutuhan peserta didik menggunakan asesmen yang berupa angket, (2) Keterlibatan personil sekolah dalam pelaksanaan layanan informasi sudah dapat dikatakan bagus, (3) Guru BK melakukan penilaian dengan memantau sikap atau respon peserta didik pada saat memberikan layanan, (4) Guru BK melakukan tindak lanjut dengan cara memberikan kembali bimbingan kepada peserta didik yang kurang memahami informasi yang telah diberikan. Rencana tindak lanjut di sampaikan kepada kepala sekolah. Laporan layanan informasi dibuat sekaligus dengan RPLBK. Sebaiknya di lakukan penelitian lebih lanjut dalam pelaksanaan layanan informasi.

 

Kata kunci: Pelaksanaan Layanan Informasi oleh Guru BK


Keywords


Pelaksanaan; Layanan Informasi; Guru BK; SMA NEGERI BANDA ACEH

Full Text:

PDF

References


Permendikbud No 111 Tahun 2014 Pasal 6 Ayat 1

Permendikbud No. 15 Tahun 2018 Pasal 4 Ayat 2 dan 3

Azam, U. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Efendi, M. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Emzir. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data . Jakarta: Grafindo Persada.

Hasanah, Jamiatun Nur. (2017). Pelaksanaan Layanan Informasi dalam Mengembangkan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial . Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Konseling GUSJIIGANG, 8-9.

Luddin, A. B. (2010). Dasar-dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Mawaddah. (2019). Pelaksanaan Layanan Informasi untuk Mendukung Keputusan Karir siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Skripsi. Bimbingan dan konseling FKIP Unsyiah.

Nafi', A. (2020). Kematangan Karier Peserta Didik Zaman Now . Yogyakarta: CV Budi Utama.

Prayitno & Erman Amti. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbaris Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sartika, D. (2014). Pelaksanaan Layanan Informasi Dalam Penyalahgunaan Narkoba Di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru (Doctor Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Tingkah Laku Sosial Pada Siswa Kelas XII Kr1 Di SMKN2 Boyolangu Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(3), 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.