KECENDRUNGAN PERILAKU AGRESIF PADA SMP NEGERI 12 BANDA ACEH

Salawati Salawati, Nurhasanah Nurhasanah, Martunis Martunis

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa SMP Negeri 12 Banda Aceh”. Perilaku agresif merupakan tindakan kekerasan yang ditujukan adanya keinginan untuk melakukan tindakan yang dapat menyakiti, melukai orang lain baik secara verbal (kata-kata) maupun non verbal (gerakan anggota tubuh). Hal ini dapat merugikan orang lain dalam hal ini siswa, jika tidak segera mendapat penanganan dan perhatian yang serius dari guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui kecenderungan perilaku agresif verbal siswa dan untuk mengetahui kecenderungan perilaku agresif non verbal siswa pada SMP Negeri 12 Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah seluruh siswa SMP Negeri 12 Banda Aceh kelas 1, 2 dan 3 berjumlah 121 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling berjumlah 92 siswa. Data tentang perilaku agresif dikumpulkan dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 bentuk perilaku agresif yang ditampilkan siswa SMP Negeri 12 Banda Aceh, yaitu ada bentuk verbal dan non verbal. Adapun bentuk-bentuk perilaku verbal meliputi berteriak-teriak 36,91%, berkata kasar 38,91%, dan mengancam 24,17%. Sedangkan bentuk perilaku non verbal meliputi mencubit 33,29%, mendorong 33,62%, dan memukul 33,62%. Dapat disimpulkan bahwa kecenderungan perilaku agresif pada siswa SMP Negeri 12 Banda Aceh masih berada dalam kategori kurang agresif.


References


Davidoff, Linda L. 1991. Psikologi suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Lusiana Linawati. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Behavioral dalam Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 5 Palu. Jurnal Konseling & Psikoedukasi. Volume 2 Nomor 2.

Eddy, Wibowo Mungin. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Julianti, Anisha. 2017. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Sef Control dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VII 9 di Mts Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kompasiana. 2018. Subsidiary of KG Media all Rights Reserved. Jakarta: Beyond Blogging. https://www.kompasiana.com.

Maba, Aprezo Pardodi. 2017. Pengembangan Model Konseling Kelompok dengan Teknik Paradoxical Intention untuk Mengurangi Perilaku Agresi Verbal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 6 Nomor 2.

Setiawan, Atang. 2010. Penanganan Perilaku Agresif pada Anak. Jurnal Pendidikan AfJl.Volume 9 Nomor 1.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susantyo, Badrun. 2011. Memahami Perilaku Agresif; Sebuah Tinjauan Konseptual. Jurnal Informasi. Volume 16 Nomor 03.

Siwinarti. 2013. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Fun Game Efektif Mengurangi Perilaku Agresif Verbal pada Siswa Kelas VIII SMP 40 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 30 Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.