Efektivitas Bimbingan Karir dalam Menentukan Karir Yang Sesuai dengan Potensi Siswa (Studi kasus Pada MAN 4 Kabupaten Aceh Besar)

Evy Firdaningsih Evy firdaningsih, M. Husen, Martunis Yahya

Abstract



Bimbingan karir sangat penting diberikan kepada siswa agar mereka dapat menentukan karir masa depan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas bimbingan karir dalam menentukan karir yang sesuai dengan potensi siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-Eksperimen yaitu memberikan perlakuan kepada kelompok dan diliat hasilnya melalui pre-test dan post-test. Lokasi penelitian di MAN 4 Aceh Besar dengan jumlah sampel 8 siswa. Tekhnik pengumpulan data adalah angket dengan bentuk skala rikert. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan analisis persentase. Layanan bimbingan konseling yang dilakukan adalah layanan informasi karir. Prosedur penelitian terdiri dari empat kali pertemuan, dimana setiap pertemuan memberikan materi yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan karir siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 67,5% artinya siswa sudah efektif dalam menentukan karir sesuai dengan potensi yang dimiliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan informasi bimbingan karir dapat dijadikan sebagai salah satu alternatife dalam menentukan karir siswa yang sesuai dengan potensi yang dimiliki.


Kata kunci: Bimbingan Karir menentukan karir siswa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.