Identitas Perencanaan Karir (Penelitian Pada Mahasiswa Akhir Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Syiah Kuala)
Abstract
ABSTRAK
Identitas perencanaan karir seharusnya dipersiapkan dengan matang dan mahasiswa wajib membuat identitas perencanaan karir nya agar bisa menentukan pemilihan dan keputusan karir yang tepat untuk masa yang akan datang. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas perencanaan karir mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala yang sedang menyelesaikan skripsi. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP yang berjumlah 64 mahasiswa dari letting 2013, 2014, dan 2015. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 mahasiswa. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan rumus Slovin. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Hasil dari penelitian dari pembahasan menunjukkan bahwa identitas perencanaan karir pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir berada pada kategori “sedang” dengan presentase 69,09% atau berjumlah 38 mahasiswa dan kategori “rendah” dengan presentase 30,90% dengan responden 17 mahasiswa, sehingga dapat dipahami bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki identitas perencanaan karir yang baik, yang didukung berdasarkan analisis pada bab IV menunjukkan data kurva empiric condong ke arah kiri yang menunjukkan bahwa identitas perencanaan karir mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Syiah Kuala yang sedang menyelesaikan tugas akhir berada pada kategori “sedang” hal ini dimaknai bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki identitas perencanaan karir yang baik.
Kata Kunci : Identitas Perencanaan Karir, mahasiswa, bimbingan dan konseling
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
JIMBK Published by:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Syiah Kuala
P-ISSN: 2615-0344
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.