PENGARUH GAME ONLINE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) TERHADAP SIKAP AGRESI ANAK (Studi Kasus Permainan Game online Terhadap Sikap Agresifitas Anak Usia 8-15 Tahun Di Desa Lamtemen Timur)
Abstract
ABSTRAK
Aggressive behavior carried out by adolescents lately is increasingly widespread, which aggressive behavior has negative connotations that have an impact on the decline in ethics and morals of 'Millennial’. In the Electronic and Print Media often preaching various phenomena of violence committed by adolescents with different backgrounds. Of course this shows that there is an increase in the quality of aggression behavior.The purpose of this study: (1) To determine the effect of online games on the aggression behavior of children in the village of East Lamteumen. (2) To find out the condition of the family of children who are addicted to playing FPS type online games. This research uses a qualitative approach, using descriptive research. Data collection techniques are unstructured interview techniques. The subjects of this study were children in the village of East Lamteumen who entered their early teens with an age range of 8-15 years, amounting to 5 people. From the results of the study show: (1) The influence of Online Game First Person Shooter on the tendency of child aggression behavior in the village of East Lamteumen is that the type of violence game is more likely to influence aggressive behavior, but it is also influenced by the frequency of playing online games. Some of the symptoms of Aggression behavior that appear on research subjects include; (a) steal parents' money, (b) rebel if they can't play online games, (c) get angry easily when the game is inaccessible (d) throw harsh words and (e) Quite often also fight. (2) The condition of families of children who are addicted to playing online games of type First Person Shooterini is also motivated by parents who are busy working so that the lack of supervision and control of children in daily life, so that liberal parenting is created which is not very foster effective to apply.
ABSTRAK
Perilaku Agresif yang dilakukan oleh remaja akhir-akhir ini kian marak, yang mana perilaku agresif ini berkonotasi negatif yang berdampak pada penurunannya etika serta moral remaja ‘Millenial’. Di Media Elektronika maupun cetak kerap memberitakan berbagai fenomena kekerasan yang dilakukan oleh remaja dengan latar belakang yang berbeda. Tentunya hal tersebut menunjukan bahwasanya terdapat peningkatan kualitas akan perilaku agresi. Tujuan penelitian ini: (1)Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap perilaku agresi anak di desa Lamteumen Timur. (2) Untuk mengetahui kondisi keluarga anak yang kecanduan bermain game online berjenis FPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di Desa Lamteumen Timur yang memasuki usia remaja awal dengan rentang usia 8-15 tahun yang berjumlah 5 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruh Game online First Person Shooter terhadap kecenderungan perilaku agresi anak di desa Lamteumen Timur adalah game berjenis kekerasan lebih besar mempengaruhi perilaku agresif, selain itu juga dipengaruhi oleh frekuensi bermain game online. Beberapa gejala perilaku Agresi yang muncul pada subjek penelitian antara lain seperti; (a) mencuri uang orang tua, (b) memberontak jika tidak dapat bermain game online, (c) mudah marah saat game tidak dapat diakses (d) melontarkan kata-kata kasar dan (e) Tak jarang juga berkelahi. (2) Kondisi keluarga dari anak yang kecanduan bermain game online berjenis First Person Shooterini pun dilatarbelakangi oleh orang tua yang sibuk bekerja sehingga kurangnya pengawasan serta kontrol terhadap anak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pola asuh liberal pun tercipta yang mana pola asuh tersebut sangat tidak efektif untuk diterapkan.
Kata kunci : Game online, first Person Shooter, Agresi
References
Afrianti, L. (2009). Psikologi Kepribadian. Bandung: Rosdakarya.
Angela. (2013). ejournal Ilmu Komunikasi. Pengaruh Game online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir, 1, 532-544.
Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty
Goble, F. G. (2010). In MAHZHAB KETIGA :Psikologi Humanistik Abraham
Maslow (p. 135). Yogyakarta: Kanisius
Mu’arifah, A. (2005). Humanitas Psychological Journal. Hubungan Kecemasan dan Agresivitas. Volume. 2 No. 2 , 102 – 111.
Permana, D. I. (2012). Profil Kecenderungan Perilaku Agresif Remaja yang Bermain Game online , 3..
Pratama, A. S. (2017). Hubungan Kecanduan Bermain Game online Pada Smartphone (Mobile Online Games) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2013. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 18.
Kim, E. J., Namkoong, K., Ku, T., & Kim, S. J. (2008). The Relationship Between Online Game Addiction And Aggression, Self-Control And Narcissistic Personality Traits Vol. 23 , 212-218.
Koeswara, E. (2004). In Agresi Manusia (p. 6). Bandung: Angkasa
Melanie, D. (2009). Studi Kasus Tentang Pengaruh Game online Terhadap Agresivitas Remaja di Surabaya , 4.
Helmi, A. F. (2015). In Beberapa Perspektif Perilaku Agresi (p. 6). Buletin Psikologi.
Tiani, A. (2014). Naskah Publikasi. Hubungan Antara Bermain Game online Dengan Perilaku Agresif Anak Di Surakarta.
Handayani, T. P. (2010). Pengaruh Adiksi Online Game terhadap Penyesuaian Sosial pada Remaja , 4.
Dayakismi, T., & Hudainah. (2006). Psikologi Sosial. Malang; Universitas Muhammadiyah: UMM PRESS.
Moleong, L. J. (2007). In Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 6). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hanurawan, F. (2010). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmatillah, A.-J. (2012). Pengaruh tipe kepribadian big five dan self-control terhadap agresivitas satuan polisi Pamong Praja Kota Tangerang , 16.
Taganing, N. M., & Fortuna, F. (2008). Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Perilaku Agresif Pada Remaja , 5.
Sarwono, S. W. (2005). In Psikologi Sosial Psikologi kelompok dan Terapan Cetakan Ketiga (p. 297). Jakarta: Balai Pustaka.
Bushman, B. J., & Anderson, C. A. (2002). Violent Video Games And Hostile Expectation. A Test Of The General Aggression Model Personality and Social Psychology Buletin , 1679-1686.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
JIMBK Published by:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Syiah Kuala
P-ISSN: 2615-0344
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.