HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN KEMATANGAN KARIR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI ANGKATAN 2017 DAN 2018 UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Zahwa Amira, Mirza Desfandi, Muhammad Okta Ridha Maulidian

Abstract


Kematangan karir yaitu sebuah kemampuan dalam menentukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Mahasiwa yang ingin memiliki kematangan karir yang bagus akan menumbuhkan dan meningkatkan prestasi belajar serta memperluas cakupan lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif dan signifikan terhadap lingkungan sosial dan prestasi belajar dengan kematangan karir mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala angkatan 2017 dan 2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala angkatan 2017 dan 2018 yang berjumlah 125 orang. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini 40% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 50 responden. Teknik yang digunakan ialah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, korelasi ganda, koefisien determinasi berganda, dan uji signifikan. Hasil penghitungan akhir berdasarkan koefisen korelasi didapatkan nilai 0,67 menunjukkan hubungan yang positif dengan tingkat hubungan yang kuat dan berdasarkan uji signifikansi didapatkan Fhitung (20)> Ftabel (3,19) pada taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan lingkungan sosial dan prestasi belajar dengan kematangan karir mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi untuk menumbuhkan dan meningkatkan prestasi belajar serta memperluas cakupan lingkungan sosial sehingga dapat memperoleh kematangan karir yang bagus untuk kedepannya.


Full Text:

PDF

References


Apriansyah, S. (2014). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Perencanaan Karir. Jurnal Psikopedagogia. 3(2):78.

Fakhidah, L. N. (2012). “Hubungan Locus Of Control, Prestasi Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Kematangan Karir Mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar”. Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rustanto, A. E. (2016). Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa di Politeknik LP31 Jakarta Kampus Jakarta Utara. Jurnal Lentera Bisnis, 5(2):5.

Riduwan & Sunarto. (2017). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung: ALFABETA.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: