PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME QUIZ DENGAN PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

Umi Sasmita, Mirza Desfandi, Daska Azis

Abstract


Model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz merupakan pembelajaran yang meningkatkan tanggung jawab peserta didik dengan cara menyenangkan dan tidak menakutkan terhadap apa yang mereka pelajari. Strategi Team Quiz mengajak siswa bekerja sama, diskusi, bertanya, menjawab pertanyaan, memberi arahan, berpendapat, dan menyampaikan informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk melihat apakah ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, (2) aktivitas guru dan siswa, (3) keterampilan guru dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa (1) ketuntasan individual pada siklus I sebanyak 50%, ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus II ketuntasan individual meningkat menjadi 75% klasikal 70%. Selanjutnya pada siklus III ketuntasannya meningkat menjadi 95% secara individual dan secara klasikal menjadi 90%. (2) Aktivitas guru dan siswa pada siklus I terdapat 8 aktivitas yang sesuai atau 72%, pada siklus II aktivitas yang sesuai menjadi 9 dengan persetase 82% dan pada siklus III meningkat menjadi 11 dengan persetase 100%. (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 2,52 dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi 3,22 dengan kategori baik dan pada siklus III menjadi 3,73 dengan kategori sangat baik. (4) Respon siswa pada umumnya baik, sebanyak 95% siswa di Kelas VIII-1 menyatakan dapat memahami, termotivasi, menyenangkan dan dapat menjawab soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Time Quiz dengan pemberian Reward dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ngalim, P. (2008). Pengertiaan Reward. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Staregi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Majid, A. (2011). Perencanaan dan pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: