HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI MAN 1 BANDA ACEH DAN MAN 6 ACEH BESAR

Miftakhul Jannah, Mirza Desfandi, Cut Vita Rajiatul Jummi

Abstract


Media pembelajaran daring adalah alat untuk menyalurkan materi pembelajaran berbasis teknologi, dimana bahan ajar dikirim melalui elektronik kepada peserta didik secara jarak jauh dengan menggunakan jaringan komputer. Kemandirian belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh wawasan baru sehingga memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu memecahkan masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar merupakan perubahan yang diperoleh setelah melewati proses belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan masalah dalam peneilitian ini yaitu apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran daring dan kemandirian belajar dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN 1 Banda Aceh dan MAN 6 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran daring dan kemandirian belajar dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI di MAN 1 Banda Aceh dan MAN 6 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 95 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai ujian semester genap tahun 2019-2020. Hasil pengolahan data uji korelasi antara penggunaan media pembelajaran daring dan kemandirian belajar dengan hasil belajar geografi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,476 dan data koefisien determinasi sebesar 22,65%. Kemudian pada uji signifikansi diperoleh nilai Fhitung = 8,93 dan Ftabel 3,15 pada taraf signifikansi (α) = 5% dengan dkpembilang = 2 dan dkpenyebut = 64-2-1 = 61. Sesuai dengan kriteria pengujian yaitu Fhitung  > Ftabel atau 8,93 > 3,15 maka terima Ha artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran daring dan kemandirian belajar dengan hasil belajar geografi siswa kelas XI di MAN 1 Banda Aceh dan MAN 6 Aceh Besar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astini, N.K.S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (2), 241-255.

Dewi, N. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9 (1), 48-54.

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring. E-learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan Psikologi dan Prodi Bimbingan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Indrayani, E & Suliworo, D. (2018). “Dampak Pemanfaatan Whats App dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika tanggal 25 April 2018. Yogyakarta.

Jusmawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD Unimerz pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(2), 106-111.

Pangondian, R. A. (2019). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Proceeding of Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 1 (1), 56-60.

Ratnawati, F. A. (2020). Strategi Menigkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi dengan Aplikasi Google Class Room pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5 (1), 49-55.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: