KORELASI STRATEGI SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRATINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI BARAT

Kintan Aprillia, Alamsyah Taher, Abdul Wahab Abdi

Abstract


Hasil belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku peserta didik melalui proses kegiatan belajar. Kegiatan belajar menjadi suatu kewajiban yang harus dijalani oleh peserta didik, tidak jarang perubahan tingkah laku dalam belajar juga sering terjadi oleh peserta didik, baik itu self regulated learning maupun prokratinasi akademik sehingga mempengaruhi hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi antara strategi self regulated learning dan prokratinasi akademik dengan hasil belajar geografi peserta didik di SMA Negeri 1 Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara strategi self regulated learning dan prokratinasi akademik dengan hasil belajar geografi peserta didik di SMA Negeri 1 Labuhan Haji Barat Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Labuhan Haji Barat berjumlah 432. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah cluster sampling berjumlah 76. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa nilai koefisien regresi ganda  dan koefisien korelasi ganda sebesar 0,491 pada kategori sedang dengan koefisien determinasi sebesar 24,1%. Uji hipotesis menunjukan bahwa  >  atau 11,6 > 3,13 yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan adanya korelasi yang signifikan antara self regulated learning dan prokratinasi akademik dengan hasil belajar geografi peserta didik SMA Negeri 1 Labuhan Haji Barat

Full Text:

PDF

References


Anni, Tri Catharina. 2002. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Dewi, Salamiah Sari., dan Alfita, Laili. 2015. Perbedaan Prokrastinasi Akademik Antara Mahasiswa yang Berpacaran dan Tidak Berpacaran. Jurnal Diversita, 1(1), 7-15.

Ghufron, Muhamad Nur., dan Risnawita, S Rini. 2017. Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta,: Ar-Ruzz Media.

Kristiani, Titik. 2016. Self Regulated Learning Konsep Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma Universiti.

Susanto, Handy. 2006. “Mengembangkan Kemampuan Self Regulation Untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur. 7 (5), 64-71.

Siregar, Sofyan. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuatitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

________. 2018. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuatitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Statistik untuk Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: