IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN MATERI KONSEP DASAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CERTAINTY OF RESPON INDEX (CRI) MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP USK

El Citra Mega Ayu, Abdul Wahab Abdi, Dyah Rahmani Purnomowati

Abstract


Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dan harus diidentifikasi sedini mungkin agar tidak menyebabkan kesalahan konsep pada materi yang dipelajari. Keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari suatu materi dapat dilihat dari seberapa besar pemahaman konsep pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman materi konsep dasar geografi dengan menggunakan four tier diagnostic test disertai certainty of respon index (CRI) mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 161 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 25% dari populasi, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 40 mahasiswa. Tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda beralasan sebanyak 12 butir yang telah teruji valid dan reliabilitasnya. Tes ini dilengkapi dengan instrumen four tier diagnostic test disertai CRI. Hasil pengolahan data didapatkan bahwa tingkat pemahaman materi konsep dasar geografi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK yang dikategorikan paham konsep sebesar 35,5%, tidak paham konsep 30,42%, miskonsepsi 26,25%, dan error 8,125%. Tingkat pemahaman mahasiswa masuk ke dalam kategori gagal karena skor persentase paham konsep yang diperoleh berada di bawah 45% dari total keseluruhan mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Siregar, Sofyan. 2014. Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara

Rahayu, Resti. 2018. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Fisika Pada Materi Hukum Newton Dengan Menggunakan Four-Tier Diagnostic. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: