Perbedaan Fear of Failure Pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi

Rina Hartati, Mirza Mirza

Abstract


Salah satu syarat untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada semua Universitas di Indonesia adalah dengan mengerjakan skripsi. Banyak hal yang dirasakan oleh mahasiswa saat pengerjaan skripsi salah satunya adalah perasaan takut gagal dalam menyelesaikan skripsi dan takut tidak memenuhi berbagai harapan yang ada. Bagi mahasiswa yang menganggap skripsi sebagai tantangan maka akan mampu menghadapi skripsi dengan baik, sebaliknya bagi mahasiswa yang menganggap skripsi sebagai hambatan maka akan kesulitan dalam proses pengerjaannya. Fear of Failure adalah kepercayaan atau antisipasi seseorang bahwa ada konsekuensi yang tidak menyenangkan saat mengalami kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Fear of Failure pada Mahasiswa yang menyusun skripsi berdasarkan jenis kelamin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah 144 mahasiswa yang menyusun skripsi yang terdiri dari 72 laki-laki dan 72 perempuan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala adaptasi dari The Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) yang disusun oleh Conroy (2001) dengan nilai koefisien reliabilitas penelitian sebesar (α) = 0,893. Uji hipotesis yang telah dilakukan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai t sebesar -6,292. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Fear of Failure antara laki-laki dan perempuan, dimana laki-laki memiliki tingkat Fear of Failure lebih rendah dibandingkan perempuan.

 

One of the conditions for obtaining a degree scholarship at all universities in Indonesia is to work on a thesis. A lot of things perceived by the student when the working thesis is the feeling of Fear of Failure in completing the thesis and the fear of not meeting the various expectations. For students who think categorization as a challenge will be able to deal with a thesis properly, otherwise for students that consider the thesis as the barriers it will be difficult in process work. The fear of Failure is the belief or the anticipation of a person that there is an unpleasant consequence if it fails. This research aims to know the difference of the Fear of Failure on the Students that make up the thesis. The technique of sampling used for quota sampling with a total of 144 students who devised a thesis consisting of 72 men and 72 women who comply with the criteria specified. The technique of data collection by using the scale of adaptation The Performance Appraisal Inventory Failure (PFAI) compiled by Conroy (2001) with the value of the coefficient of reliability research of (α) = 0.893. Test the hypothesis has been done using independent sample t-test demonstrated the significance rating of 0.000 (p < 0.05) and the value of t-6.292. Based on these results it can be concluded that there is a difference of the Fear of Failure among both men and women, where men have a Fear of Failure rate lower than women.


Keywords


Fear of Failure; Jenis Kelamin; Mahasiswa; Gender; Students

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi (edisi kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Banda Aceh, (2014). Banda Aceh.

Conroy. D. E. (2001). Progress in the development of a multidimensional measure of fear of failure: The Performance Failure Appraisal Iventory (PFAI). Anxiety, Stress and Coping, 14(4), 431-452.

Dyckman, L.M. (2005). Fear of Failure and Fear of Finishing: a case study and the emotional aspects of dissertation proposal research, with thoughts on library instruction and graduate student retention.

Elliot, A. J., & Thrash, T. M. (2004). The intergenerational trans missionof fear of failure. Personality and Social Psychology Bulletin, 30(8), 957-971.

Gunawati, R. (2006). Hubungan antara efektivitas komunikasi mahasiswa-dosen pembimbing utama skripsi dengan Stres dalam menyusun skripsi pada Mahasiswa program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi,3(2), 93-115.

Gjesme, T. (1983). Motivation to Approach Success (Ts) and Motivation to Avoid Failure (TF) at School. Scandinavian Journal of Educational Research, 27(3), 145-164.

Haber, F. (2013). Helping Students Overcome Their Fear of Failure.

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi Perkembangan: Suatu Perkembangan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2018). Pengertian Mahasiswa, Diakses melalui hhtp://kbbi.web.id

Kemenristek Dikti Republik Indonesia. 2016. Pedoman Penyelenggaraan Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Pada Perguruan Tinggi.Jakarta: Kemenristek Dikti.

McGregor, H.A., & Elliot, A. J (2005). The shame of failure: Examining the link between fear of failure and shame. Personality and Social Psychology Bulletin, 31(2), 218-231.

Nainggolan, L. (2007). Hubungan antara Persepsi terhadap orang tua dengan ketakutan akan kegagalan pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Psikologi Diponegoro Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Nelson, K. L., Newman, D. N., Mcdaniel, J. R., & Buboltz, W. C. (2013). Gender Differences In Fear Of Failure Amongst Engeneering Students. International Journal of Humanities and Social Science, 16(3), 10-16.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan) (edisi kesembilan bagian V s/d IX). Jakarta: Kencana.

Rohmah. A. F. (2006). Pengaruh diskusi kelompok unutk menurunkan stress pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Humanitas: Indonesia.

Santrock (2003) John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Stuart, E.M. (2013). The Relation Of Fear Of Failure, Procrastination And Self-Efficacy To Academic Success In College For First And Non First-Generation Students In A Private Non-Selective Institution. A Dissertation.

Sulistiawan. J. (2016). Pengaruh Perceiveid Support, Fear of Failure dan Self-Efficacy Terhadap Niat Berwirausaha pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 9(1) 50-57.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses melalui usu.ac.id/public/content/files/sisdiknas.pdf.

Wadji. (2008). Aceh Bumi Skrikandi. Banda Aceh. Pemerintahan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Wahyuni. L.S. (2014). Komunikasi Interpersonal Terhadap Dosen Pembimbing dan Ketakutan akan Kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Negeri Jakarta. 3(2), 85-93.




DOI: https://doi.org/10.24815/skpj.v1i1.29994

Copyright (c) 2023 Syiah Kuala Psychology Journal