Ketakutan akan Kegagalan dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Bidikmisi

Maulidya Maulidya, Dahlia Dahlia, Marty Mawarpury, Risana Rachmatan

Abstract


Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia tetapi beberapa individu terkendala biaya. Pemerintah kemudian menyiapkan beasiswa Bidikmisi yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mampu secara akademik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Mahasiswa Bidikmisi wajib memiliki IPK minimal 3,00 tetapi masih banyak mahasiswa Bidikmisi memiliki IPK <3,00 karena melakukan prokrastinasi dalam penyelesaian tugas. Salah satu penyebab individu melakukan prokastinasi adalah adanya ketakutan akan kegagalan yang merupakan perasaan terancam menghadapi keadaan yang memungkinkan terjadinya kegagalan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan ketakutan akan kegagalan dengan prokrastinasi pada mahasiswa Bidikmisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penarikan sampel purposive sehingga diperoleh sampel sebanyak 233 mahasiswa Bidikmisi yang memiliki IPK <3,00. Pengumpulan data menggunakan adaptasi Tuckman Procrastination Scale dan adaptasi The Performance Failure of Appraisal Inventory. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai (r)=0,288 dengan nilai (p)=0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara ketakutan akan kegagalan dengan prokrastinasi pada mahasiswa Bidikmisi. Artinya, semakin tinggi ketakutan akan kegagalan maka semakin tinggi prokrastinasi, begitu juga sebaliknya. Ketakutan akan kegagalan yang muncul diakibatkan mahasiswa Bidikmisi kurang yakin akan kemampuan diri dan menghindari penilaian negatif dari orang lain sehingga melakukan prokrastinasi.

 

Education plays an important role in improving Indonesia's human resources, but some individuals are constrained by costs. The government provides Bidikmisi scholarship for students who are academically capable but have economic limitations. Bidikmisi students are required to have a minimum GPA of 3.00, but there are still many Bidikmisi students who have a GPA <3.00 because they procrastinate in completing their assignments. One of the causes of individuals committing procastination is the fear of failure, which is a feeling of being threatened by facing circumstances that allow failure to occur. The purpose of this study was to determine the relationship between fear of failure and procrastination in Bidikmisi students. This study uses a quantitative approach with pusposive sampling technique therefore 233 Bidikmisi students who have a GPA <3.00 were selected. Data collection uses the adaptation of the Tuckman Procrastination Scale and the adaptation of The Performance Failure of Appraisal Inventory. The results of data analysis using the Pearson Product Moment Correlation shows the value of the correlation coefficient (r)=0.288 with a significance value (p)=0.000 (p <0.05). This shows that there is a relationship between fear of failure and procrastination in Bidikmisi students. That is, the higher the fear of failure, the higher the procrastination, and vice versa. The fear of failure that arises is caused by Bidikmisi students not being confident in their own abilities and avoiding negative judgments from other people, resulting in procrastination.


Keywords


Fear of Failure, Prokrastinasi, mahasiswa Bidik Misi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R., & Mudjiran. (2019). Hubungan task aversiveness dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bidikmsi FIP UNP. Jurnal Riset Psikologi, 3, 1-11. http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6588

Akmal, S. Z., Arlinkasari, F., & Febriani, A. U. (2017). Hope of success and fear of failure predicting academic procrastination students who working on a thesis. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 7(1), 78-86. http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v7i1.724

Asri, D. N., & Dewi, N. K. (2014). Prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP PGRI Madiun ditinjau dari efikasi diri, fear of failure, gaya pengasuhan orangtua, dan iklim akademik. Jurnal Penelitian LPPM IKIP PGRI Madiun, 2(2), 32-37. http://doi.org/10.25273/jp-lppm.v2i2.357

Astuti, Y., Nisa, H., Sari, K., Kumala, I. D. (2021). Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2), 169-184. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i2.22108

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it. Cambridge, MA: Da Capo Press

Cacciotti, G., & Hayton, J. C. (2015). Fear and entrepreneurship: A review and research agenda. International Journal of Management Reviews, 17(2), 165-190. https://doi.org/10.1111/ijmr.12052

Cacciotti, G., Hayton, J. C., Mitchell, J. R., & Giazitzoglu, A. (2016). A reconceptualization of fear of failure in entrepreneurship. Journal of Business Venturing, 31(3), 305-325. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2016.02.002.

Conroy, D. E. (2001). Fear of failure: An exemplar for social development research in sport. Quest, 53(2), 165-183. https://doi.org/10.1080/00336297.2001.10491736

Conroy, D. E., Willow, J. P., & Metzler, J. N. (2002). Multidimensional fear of failure measurement: The Performance Failure Appraisal Inventory. Journal of Applied Sport Psychology, 14(2) 76-90. https://psycnet.apa.org/doi/10.1080/10413200252907752

Crosnoe, R., Mistry, R. S., & Elder, G. H., Jr. (2002). Economic disadvantage, family dynamics, and adolescent enrollment in higher education. Journal of Marriage and Family, 64(3), 690–702. https://doi.org/10.1111/j.1741-3737.2002.00690.x

De Castella, K., Byrne, D., & Covington, M. (2013). Unmotivated or motivated to fail? A cross-cultural study of achievement motivation, fear of failure, and student disengagement. Journal of Educational Psychology, 105(3), 861–880. https://doi.org/10.1037/a0032464

Effert, B.R., & Ferrari, J.R. (1989). Decisional procrastination: Examining personality correlates. Journal of Social Behavior & Personality, 4(1), 151–156.

Elliot, A. J., & Thrash, T. M. (2004). The intergenerational transmission of fear of failure. Personality & Social Psychology Bulletin, 30(8), 957–971. https://doi.org/10.1177/0146167203262024

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Springer Science & Business Media

Fatimah, O., Lukman, Z. M., Khairudin, R., Wan Shahrazad, W. S., & Halim, F. W. (2011). Procrastination’s relation with fear of failure, competence expectancy and intrinsic motivation. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 19(S), 123-127.

Ferrari J. R. (1991). Compulsive procrastination: some self-reported characteristics. Psychological Reports, 68(2), 455–458. https://doi.org/10.2466/pr0.1991.68.2.455

Ferrari, J. R., & Olivette, M. J. (1994). Parental authority and the development of female dysfunctional procrastination. Journal of Research in Personality, 28(1), 87–100.

https://doi.org/10.1006/jrpe.1994.1008

Fibrianti, I. D. (2009). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Harani, S., & Ningsih, Y. T. (2019). Kontribusi adversity quotient terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Bidikmisi tingkat akhir FT UNP. Jurnal Riset Psikologi, 1, 1-12. http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i1.6952

Ismami, S. (2019). Perbandingan prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dengan mahasiswa non Bidikmisi di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Skripsi Universitas Sriwijaya.

Javanmard, S. R. (2017). The role positive and negative affect, fear of failure and goal achievement orientation in predicting academic procrastination amongst students. Knowledge & Research in Applied Psychology, 18(67), 110 - 118. magiran.com/p1729890

Kamila, N. (2018). Pengaruh takut gagal (fear of failure) dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Tesis. Universitas Negeri Jakarta.

Katznelson, N., Ulrik Sørensen, N., & Illeris, K. (2017). Understanding Learning and Motivation in Youth: Challenging Policy and Practice (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315170039

Kementerian riset dan teknologi Republik Indonesia (Kemenristekdikt) (2019). Petunjuk teknis pengelolaan bidikmisi 2019. Jakarta: Ditjen Belmawa Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Kim, K. R., & Seo, E. H. (2015). The relationship between procrastination and academic performance: A meta-analysis. Personality and Individual Differences, 82, 26–33.

https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.02.038

Kingofong, S. M. (2004). Penghambat pada pengerjaan skripsi. Skripsi. Universitas Surabaya.

Liling, E. R., Nurcahyo, F. A., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prokrastinasi pada mahasiswa tingkat akhir. Humanitas, 10(2), 59-72. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v10i2.336

Leung, A. W. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-reguated learning siswa SMP Negeri 1 Stabat. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Milgram, N. A., Srolof, B., & Rosenbaum, M. (1988). The procrastination of everyday life. Journal of Research in Personality, 22(2), 197-212.https://dx.doi.org/10.1016/0092-6566(88)90015-3

Mohsenzadeh, F., Jahanbakhshi, Z., Keshavarzafshar, H., Eftari, Sh., & Goudarzi, R. (2016). The role of fear of failure and personality characteristics in anticipating academic procrastination. Journal of School Psychology, 5(2), 183 - 192. magiran.com/p1584281

Mujahidah, A., & Mudjiran. (2019). Hubungan antara ketakutan akan kegagalan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Riset Psikologi, 2, 1-12.

http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i2.5686

Nainggolan, Lisdu (2007) hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 29-34. http://dx.doi.org/10.47679/jopp.1172019

Phillips, N., & Lindsay, G. (2006). Motivation in gifted students. High ability studies, 17(1), 57-73. http://dx.doi.org/10.1080/13598130600947119

Putra, I, P. (2024, February 23). APK Pendidikan Tinggi Miris, Hampir 70% Siswa SMA Tak Lanjut Kuliah. Medcom.id.

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GbmP0BLN-apk-pendidikan-tinggi-miris-hampir-70-siswa-sma-tak-lanjut-kuliah#google_vignette

Rorlen, R, Tjokrosaputro, M, Henny, H, & Jonnardi, J. (2021). Motivasi untuk meningkatkan minat kuliah bagi siswa SMA Binaan Asak Sathora di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 182-191. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9613

Sebastian, I. (2013). Never be affraid hubungan antara fear of failure dengan prokrastinasi akademik. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1-8.

https://doi.org/10.24123/jimus.v2i1

Setyadi, P., & Mastuti, E. (2014). Pengaruh fear of failure dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang berasal dari Program Akselerasi. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 3(1), 1-8.

Sokolowska, J. (2009). Behavioral, Cognitive, Affective and Motivational Dimensions of Academic Procrastination Among Community College Students: A Methodological Approach. TD Collection for Fordham University. AAI3361366.

https://research.library.fordham.edu/dissertations/AAI3361366

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503

Steel P. (2007). The nature of procrastination: a meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65

Sutriyono, S., Riyani, R., & Prasetya, B. E. A. (2012). Perbedaan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW berdasarkan tipe kepribadian A dan B. Satya Widya, 28(2), 127-136.

https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p127-136

Takriyuddin, H., Mukmin, Z., & Yunus, M. (2016). Pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 49-60.

Thorndike, R. M., Cunningham, G. K., Thorndike, R. L., & Hagen, E. P. (1991). Measurement and evaluation in psychology and education (5th ed.). Macmillan Publishing Co, Inc.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2),473-480. http://dx.doi.org/10.1177/0013164491512022

Tuckman, B. W. (2002). Academic Procrastinators: Their Rationalizations and Web-Course Performance.

Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Academic procrastination and self-control in thesis writing students of Faculty of Psychology, Universitas Surabaya. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(1), 1-18. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i1.1798

Van Wyk, L. (2004). The relationship between procrastination and stress in the life of the high school teacher. Thesis. University of Pretotia.

Wulan, D. A. N, & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio-Humaniora, 5(1), 55-74.




DOI: https://doi.org/10.24815/skpj.v2i1.29697

Copyright (c) 2024 Syiah Kuala Psychology Journal