Tingkat Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa

Dini Nurhasanah, Talitha Fatiyah Mukhyi, Raudhatul Wirda, Munifa Nadhira, Ghina Tsabitah, Andra Salsabila, Zaujatul Amna

Abstract


Kecemasan bebicara di depan umum merupakan masalah psikologis yang sering dialami mahasiswa pada tahun pertama karena merupakan masa peralihan dari lingkungan sekolah ke perguruan tinggi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi baik mahasiswa laki-laki maupun perempuan saat dihadapkan pada tugas untuk berbicara di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa laki-lai dan perempuan. Sebanyak 120 mahasiswa baru yang terdiri dari 60 mahasiswa laki-laki dan 60 mahasiswa perempuan terlibat sebagai sampel penelitian ini yang dipilih menggunakan non-probability dengan teknik convinience sampling. Intrumen Personal Report Public Speaking Anxiety Scale (PRPSA) menjadi alat pengumpulan data penelitian yang bersifat unidimensi dengan jumlah item sebanyak 34 (α = 0.84). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa laki-laki dan perempuan di Banda Aceh. Data menunjukkan secara signifikan mahasiswa perempuan memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasisiswa laki-laki. Di sisi lain, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kecemasan berbicara di depan umum juga lebih tinggi pada mahasiswa dengan rentang usia remaja dibandingkan dengan usia dewasa awal.

 

Public speaking anxiety is a psychological problem that students often experience in their first year because it is a transition period from school to college. This is a challenge faced by both male and female students when faced with the task of speaking in public. This study aims to determine the differences in public speaking anxiety in male and female students. A total of 120 new students consisting of 60 male students and 60 female students were involved as samples for this research who were selected using non-probability with convenience sampling techniques. The Personal Report Public Speaking Anxiety Scale (PRPSA) instrument is a unidimensional research data collection tool with a total of 34 items (α = 0.84). The results of the research analysis show that there are differences in the level of public speaking anxiety among male and female students in Banda Aceh. Data shows that female students have significantly higher levels of anxiety compared to male students. On the other hand, the research results also show that the level of public speaking anxiety is also higher among students in the teenage age range compared to early adulthood.


Keywords


Berbicara di Depan Umum; Kecemasan Berbicara di Depan Umum; Mahasiswa; Public Speaking; Public Speaking Anxiety; Students

Full Text:

PDF

References


Amir, N. B. (2019). Gambaran self-esteem berdasarkan tingkat communication apprehesion pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Journal of Psychological Science and Profession, 3(1), 6-11. http://dx.doi.org/10.24198/jpsp.v3i1.22795

Bachri, S., Cholid, Z., & Rochim, A. (2017). Perbedaan tingkat kecemasan pasien berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pengalaman pencabutan gigi Di RSGM FKG Universitas Jember. Pustaka Kesehatan, 5(1), 138-144.

Daradjat, Z. (2001) Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Dewi, A. P., & Andrianto, S. (2008). Hubungan antara Pola Pikir dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Keguruan. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: UII.

Ghufron, M. N., & Rini, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ivon, G., Gemiyani, N., Asni, E., & Hamidy, M. Y. (2014).Hubungan Adversity Quotient (AQ) Dengan Nilai OSCE Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FK, 2(2); 1-10.

Kholisin, 2014, Kecemasan berbicara ditinjau dari konsep diri dan kecerdasan emosional, Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1); 77-102.

Mangampang, K. (2016). Tingkat kecemasan mahasiswa berbicara di depan umum dan implikasinya terhadap pengembangan program bimbingan peningkatan kepercayaan diri berbicara di depan kelas. Jurnal skripsi, 185.

McCroskey, J. C. (1970). Measures of Communication-Bound Anxiety. Speech Monographs, 37(4), 269-277. doi:10.1080/03637757009375677

Muslimin, K. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berkomunikasi di depan umum. Jurnal Interaksi, 2(2): 43-52.

Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N (2022). Perbedaan kecemasan akademik pada mahasiswa baru jurusan psikologi ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1).

Paramita, A. D., & Faradiba, A. T.(2021) Adverse childhood experience pada mahasiswa dan hubungannya dengan kecemasan dan depresi. Jurnal Mindset. Vol. 11, No. 1

Prakoso, B. (2014). Hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan umum. (Disertasi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019). Perbedaan derajat kecemasan antara mahasiswa tahap akademik tingkat awal dengan tingkat akhir di Fakultas kedokteran. Jurnal Medula, 9(1), 78–82.

Sakinah, S. N. (2017). Tingkat kecemasan pada santri di Pondok pesantren X Bogor: Peran faktoir jenis kelamin, usia, dan kelas. Laporan penelitian (tidak dipublikasikan). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Setyastuti, Y. (2012). Apresiasi komunikasi dalam komunikasi antarpribadi. Komunikator, 4(02).

Schwartz, S. (2000). Abnormal Psychology: a discovery approach. California: Mayfield Publishing Company.

Stuart, G. W, & Laraia, M.T., (2006), Principle and Practice of Psychiatric Nursing, Edisi 7, Mosby, Philadelphia.

Videbeck, S. L.(2008). Buku Ajar Keperawatan Jiwa(Terjemahan).Jakarta: EGC

Walean, C. J., Pali, C., & Sinolungan, J. S. (2021). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Biomedik: JBM, 13(2), 132-143.

Widosari, Y. W. (2010). Perbedaan Derajat Kecemasan dan Depresi Mahasiswa Kedokteran Preklinik dan Ko-Asisten di FK UNS Surakarta. Skripsi (tidak dipublikasikan). Surakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret

Zulkarnain, I. (2015). Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.24815/skpj.v1i2.28436

Copyright (c) 2023 Syiah Kuala Psychology Journal